Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH_VIRAL_MARKETING_PADA_APLIKASI_TIKTOK TERHADAP_MINAT_BELI_DI_BIDANG_FASHION_HIJAB

Merlyana, Andrie Rizky and Gumelar, Rangga and Witantra, Ari Pandu (2022) PENGARUH_VIRAL_MARKETING_PADA_APLIKASI_TIKTOK TERHADAP_MINAT_BELI_DI_BIDANG_FASHION_HIJAB. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
PENGARUH_VIRAL_MARKETING_PADA_APLIKASI_TIKTOK TERHADAP_MINAT_BELI_DI_BIDANG_FASHION_HIJAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Adrie Rizky Merlyana. NIM 6662170093. Skripsi.Pengaruh Viral Marketing Pada Aplikasi TikTok Terhadap Minat Beli Di Bidang Fashion Hijab. Pembimbing I:Dr. Dipl. Ing. Rangga Galura Gumelar, M.Si dan Pembimbing II: Ari Pandu Witantra, M.I.Kom. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, strategi viral marketing dianggap sebagai strategi pemasaran yang memiliki dampak besar untuk menarik konsumen dalam melakukan pembelian produk.Banyaknya orang-orang yang menggunakan aplikasi TikTok, kini para pengusaha kecil hingga pengusaha besar berusaha memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besaran pengaruh viral marketing pada aplikasi TikTok terhadap minat beli di bidang fashion hijab dan besar minat beli masyarakat Kota Serang di bidang fashion hijab pada aplikasi TikTok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-eksplanatif dengan alat ukur SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan viral marketing pada aplikasi TikTok mempengaruhi secara positif dan signifikan minat beli di bidang fashion hijab sebesar 66,3%. Korelasi antara viral marketing pada aplikasi TikTok terhadap minat beli adalah sebesar 0,815 dan tergolong dalam kategori sangat kuat. Variabel viral marketing pada aplikasi TikTok sudah berjalan dengan sangat baik sebesar 81%, terbukti dari rata-rata skor jawaban 3,26 dari skor maksimal 4. Selain itu, variabel minat beli masyarakat di bidang fashion hijab pada aplikasi TikTok adalah sebesar 79% dan tergolong baik dengan rata-rata skor jawaban 3,16 dari skor maksimal 4. Kata Kunci: Viral Marketing, Minat Beli, Media Pemasaran, Aplikasi TikTok   ABSTRACT Adrie Rizky Merlyana. NIM 6662170093. Skripsi.The Effect of Viral Marketing on the TikTok Application on Buying Interest in the Hijab Fashion Field. Advisor I: Dr. Dipl. Ing. Rangga Galura Gumelar, M.Si and Advisor II: Ari Pandu Witantra, M.I.Kom. Along with the development of increasingly sophisticated technology, viral marketing strategies are considered as marketing strategies that have a major impact on attracting consumers to make product purchases. The number of people who use the TikTok application, now small entrepreneurs to large entrepreneurs are trying to use TikTok as a marketing medium. This study aims to measure the magnitude of the influence of viral marketing on the TikTok application on buying interest in the hijab fashion field and the buying interest of the people of Serang City in the field of hijab fashion on the TikTok application. This study uses a quantitative-explanative approach with SPSS version 25. The results show that viral marketing on the TikTok application has a positive and significant impact on buying interest in the hijab fashion sector by 66.3%. The correlation between viral marketing on the TikTok application and purchase intention is 0.815 and belongs to the very strong category. The viral marketing variable on the TikTok application has been running very well at 81%, as evidenced by the average answer score of 3.26 out of a maximum score of 4. In addition, the variable of people's buying interest in the hijab fashion field on the TikTok application is 79% and is classified as good with an average answer score of 3.16 from a maximum score of 4. Keywords: Viral Marketing, Buying Interest, Marketing Media, TikTok Application

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:34
Last Modified: 19 Jul 2024 15:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14401

Actions (login required)

View Item View Item