Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMUNIKASI INTERPERSONAL TELEPSIKOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Komunikasi Interpersonal Bermediasi Psikolog dengan Klien pada Layanan Psikolog Klinis Aplikasi Halodoc dalam Membangun Kesehatan Mental)

Arlina, Cacih and Kurniawati, Rd Nia Kania and Widyaningtyas, Mia Dwiana (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL TELEPSIKOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Komunikasi Interpersonal Bermediasi Psikolog dengan Klien pada Layanan Psikolog Klinis Aplikasi Halodoc dalam Membangun Kesehatan Mental). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI - CACIH ARLINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Cacih Arlina. NIM. 6662170043. Skripsi. Komunikasi Interpersonal Telepsikologi pada Masa Pandemi Covid-19. Pembimbing I: Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, S.IP., M.Si. dan Pembimbing II: Dr. Mia Dwianna Widyaningtyas M.I.Kom. Perubahan aktivitas manusia akibat pandemi Covid-19 turut mengubah polapelayanan kesehatan mental. Telepsikologi hadir sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut. Namun komunikasi interpersonal pada layanan telepsikologi memiliki keterbatasan dalam penyampaian pesan nonverbal sehingga dapat mengurangi keutuhan informasi yang disampaikan dan diterima. Hal ini dapat berdampak pada akurasi diagnosis yang dilakukan oleh psikolog dan hasil dari konsultasi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi, proses penyampaian pesan, hambatan, solusi, serta mengonstruksi komunikasi interpersonal pada layanan psikolog klinis aplikasi Halodoc. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni psikolog yang melakukan pelayanan pada aplikasi Halodoc dan pengguna layanan psikolog klinis aplikasi Halodoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan dalam konsultasi layanan psikolog klinis Halodoc merupakan komunikasi diadik. Proses penyampaian pesan dilakukan melalui chat di mana keterbukaan diri klien dan empati psikolog memiliki peran penting dalam prosesnya. Komunikasi interpersonal dalam konsultasi berfungsi sebagai media menyampaikan pesan berisi keluhan dan solusi. Hambatan yang ditemukan berupa gangguan media dan jaringan, ketulusan, tanggapan atau umpan balik, image, serta kemampuan untuk berkomunikasi dan memaknai peran persepsi. Solusi atas hambatan yang muncul adalah dengan peningkatan media komunikasi, evaluasi penyampaian pesan, peningkatan cara berkomunikasi, dan mencari alternatif bantuan. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kesehatan Mental, Telepsikologi, Covid-19, Halodoc ABSTRACT Cacih Arlina. NIM. 6662170043. Undergraduate Thesis. Telepsychological Interpersonal Communication during Covid-19 Pandemic. Advisor I: Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, S.IP., M.Si. and Advisor II: Dr. Mia Dwianna Widyaningtyas M.I.Kom. The change in human life caused by the Covid-19 pandemic also changed the pattern of mental health services. Telepsychology became a solution to this problem. However, interpersonal communication through telepsychology has limitation in delivering non-verbal communication so that it can reduce the integrity of the information delivered and received. This can affects the accuracy of diagnosis made by the psychologistand the results of the consultations carried out. This research aims to identify the function, message delivery process, limitations and solutions, and the construction of interpersonal communication in Halodoc clinical psychologist services. This is a qualitative research using case study method. The subjects of this research are psychologists who provide services on Halodoc and users of clinical psychologist services on Halodoc. The results showed that the communication during consultations in the clinical psychological service Halodoc was dyadic communication. Message delivery process was carried out through text messages/chat in which the openness of the client and the empathy of the psychologist played an important role. Interpersonal communication during the consultation functioned as a media to deliver messages containing problems and solutions. Limitations found were media and network problems, honesty, feedback, image, and the ability to communicate and perceive. The solutions of the aforementioned limitations are to improve the communication media, evaluate the message delivery process, improve manner of communication, and to find alternative help. Keywords: Interpersonal Communication, Mental Health, Telepsychology, COVID-19, Halodoc

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 08 Aug 2024 11:20
Last Modified: 08 Aug 2024 11:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item