Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN THINK-PAIR-SHARE PADA HASIL MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 KOTA SERANG

Azizah, Dian Nur (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN THINK-PAIR-SHARE PADA HASIL MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultang Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN THINK-P.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil membedakan fakta dan opini (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil membedakan fakta dan opini siswa, (3) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil membedakan fakta dan opini antara penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan model Think-Pair-Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang bersifat kuntitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka, teknik uji coba, dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh hasil pembelajaran membedakan fakta dan opini di kelas XI IPA 1 dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan rata-rata pretest 69,52 dan postest 88 (2) terdapat pengaruh hasil pembelajaran membedakan fakta dan opini di kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model pembelajaran TPS dengan rata-rata pretest 54,3 dan postest 81 (3) terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran membedakan fakta dan opini dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran TPS dengan nilai rata-rata postest siswa kelas XI IPA 1 sebesar 88 dan kelas XI IPA 2 sebesar 81 dan selisih dari keduanya sebanyak 7 point. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data tersebut penggunaan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran TPS dalam membedakan fakta dan opini siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman196610032001121001
Thesis advisorTisnasari, Sundawati198511112010122004
Uncontrolled Keywords: Model CIRC, TPS, Membaca, Fakta dan Opini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Apr 2022 14:16
Last Modified: 20 Apr 2022 14:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item View Item