Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING STARTS A QUESTION PADA TEMA AIR, BUMI, DAN MATAHARI SUBTEMA ALA M SEKITAR Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II SDN Tanjung Sekong Kota Cilegon

Rianti, Lina (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING STARTS A QUESTION PADA TEMA AIR, BUMI, DAN MATAHARI SUBTEMA ALA M SEKITAR Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II SDN Tanjung Sekong Kota Cilegon. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING STARTS A.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipe Learning Statrs With A Question pada pembelajaran tema air bumi matahari dengan subtema alam sekitar dikelas II SDN Tanjung Sekong. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian. Setiap siklusnya terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, observasi, refleksi. Sedangkan data yang digunakan menggunakan tes, wawancara, observasi. Jumlah siswa dikelas II berjumlah 27 terdiri dari 9 laki-laki dan 18 perempuan. Hasil penelitian menunjukan dengan diterapkannya: (1) Model pembelajaran Kooperatif tipe Learning Statrs With A Question untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan prsensentasi rata-rata aktivitas siswa siklus I 72,82% dan siklus II meningkat menjadi 92,59%, (2) penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Learning Statrs With A Question terdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal hal ini ditunjukan dengan rata-rata nilai siswa siklus I adalah 65,23% dan siklus II meningkat menjadi 77,71%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran Kooperatif tipe Learning Statrs With A Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema di Sekolah Dasar Kelas II

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203032006041004
Thesis advisorJAMALUDIN, UJANG197708012005011002
Additional Information: The purpose of this research is to improve the learning activities and learning outcomes of students by implementing a learning model type Cooperative Learning Statrs With A Question on learning the theme of water the earth around the sun with natural subtema class II SDN Tanjung Sekong. Research methodology used is a Class Action Research in this research is done with two stages of the research cycle. Each cycle consists of: Planning, Implementation, observation, reflection. While the data used to use tests, interviews, observation. The number of students in class II amounted to 27 consisted of 9 men and 18 women. The results showed with the application: (1) the type of cooperative learning model Learning Statrs With A Question to improve student learning outcomes. This is evidenced by the average prsensentasi student activity cycle I cycle II 72.82% and increased to 92.59%, (2) the implementation of cooperative learning model type Learning With A Question Statrs are improving student learning outcomes. It this is shown by the average student scores first cycle was 65.23% and the second cycle increased to 77.71%. The conclusions that can be drawn from this study is that the application of learning models of type Learning Cooperative learning model Statrs With A Question can increase the activity and student learning outcomes in learning themes Elementary School Class II SDN Tanjung Sekong.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kooperatif tipe Learning Statrs With A Question. Hasil belajar siswa, pembelajaran tema air bumi matahari subtema alam sekitar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:23
Last Modified: 09 Sep 2022 10:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13642

Actions (login required)

View Item View Item