Fatimah, Astri (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TATALAKSANA PENYELENGGARAAN PELAYANAN JASA TERMINAL TYPE A INDIHIANG KOTA TASIKMALAYA. Jurnal Administrasi Publik Volume 7, Nomor 1, Juni 2016, 7 (1). ISSN ISSN 2087 – 8923. e-ISSN 2549-9319
|
Text (Jurnal Administrasi Publik UNTIRTA Vol 7 No 1 Juni 2016)
01. Astri Fatimah.pdf - Published Version Download (295kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berusaha menelaah Implementasi Kebijakan Tatalaksana Penyelenggaraan Pelayanan Jasa Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya. Permasalahannya bahwa kredibilitas atau kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan terminal Indihiang dirasakan masih kurang. Contoh : penumpang lebih cenderung menunggu di pool tertentu/agen di luar terminal daripada harus menunggu di terminal Indihiang. Salah satu penyebab permasalahan tersebut akibat minimnya penanganan dan lemahnya organisasi pelaksana dalam mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan deskriptip kualitatif untuk menggambarkan suatu peristiwa. Pendekatan ini, memandang bahwa suatu peristiwa harus difahami secara holistik dengan mengutakaman proses daripada hasil. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknis analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian lapangan, diperoleh informasi bahwa Implementasi Kebijakan Tatalaksana Penyelenggaraan Pelayanan Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya tidak efektif. Hal ini terjadi karena banyaknya pool-pool terminal milik swasta yang berada pada letak yang strategis jika dibandingkan dengan terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya. Perlu adanya evaluasi dan duduk bersama antar berbagai stakeholder agar Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Sehingga aset pemerintah ini dapat memberikan konstribusi yang besar bagi pembangunan di Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan dan Pelayanan
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | This study sought to examine the implementation of the policy of conducting of Tatalaksana Type A Terminal Services Indihiang the town of Tasikmalaya. The problem that the credibility or trust of the community to the existence of the terminal Indihiang felt still less. Example: passengers are more likely to wait in a certain pool/agents outside terminals rather than having to wait in the terminal Indihiang. One of the causes of these problems result from poor management and weak organization of the executor in finding solutions to solve these problems. This research uses qualitative deskriptip to describe an event. This approach, looking at that one event must be understood holistically with mengutakaman process rather than results. The technique of data collection was done through interviews, observation and the study of librarianship. Technical data analysis using data reduction steps, the presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. Based on the results of field research, obtained information that the Policy Implementation Tatalaksana Type A Terminal Service Organization of Indihiang town of Tasikmalaya has not been as expected. Need for evaluation and sit together between various stakeholders in order to Type A Indihiang Terminal town of Tasikmalaya to function in accordance with the allocation. So these government assets can give a large contribution to development in the town of Tasikmalaya. Key Word : Implementation, Policy, Servis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 09 May 2019 02:32 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:32 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1364 |
Actions (login required)
View Item |