Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Panunggangan 2 Kota Tangerang

KHAIRIYATI, YULI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Panunggangan 2 Kota Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu sebesar 65, khususnya pada mata pelajaran IPA. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Panunggangan 2 Kota Tangerang tahun pelajaran 2013- 2014. Manfaat secara teoritis yaitu dapat menambah wawasan dan teori baru tentang penerapan pendekatan eksploratory discovery dalam mengembangan perencanaan pembelajaran. Manfaat secara praktis yaitu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadopsi model Kemmis & Mc Taggart melalui dua siklus pembelajaran yang dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan eksploratory discovery yang dilakukan pada kelas IV SDN Panunggangan 2 Kota Tangerang tahun pelajaran 2013-2014, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil dari penelitian penerapan pendekatan eksploratory discovery pada pokok bahasan energi dan penggunaannya ini mampu mencapai hasil yang optimal, terlihat melalui hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 67,20 dengan ketuntasan belajar 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,60 dengan ketuntasan belajar 88%. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata pendekatan pembelajaran eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA secara optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA197901092005011002
Thesis advisorSYACHRUROJI, SYACHRUROJI197908162005011006
Additional Information: This research is motivated by the many students who still have not reached the KKM is equal to 65, especially in Science subjects. The purpose of this research is to determine whether the application of exploratory discovery approach can improve Science learning outcomes in the fourth grade students at SDN Panunggangan 2 Tangerang academic year 2013-2014. Benefits theoretically that can add insight and new theories about the application of exploratory discovery approach to developing lesson plans. Practical benefits that can provide hands-on experience to students in the learning process. This research is Classroom Action Research (CAR) by adopting the model of Kemmis & Mc Taggart through two cycles of learning in practice using exploratory discovery approach is performed at the fourth grade in SDN Panunggangan 2 Tangerang City academic year 2013-2014, the number of students by 25 people consisted of 14 boys and 11 girls. The results of the research application of exploratory discovery approach on the subject of energy and its use is able to achieve optimal results, look through student learning outcomes. In the first cycle the average value of students achieving 67.20 with 68 % mastery learning and the second cycle increased to 75.60 with 88 % mastery learning . Based on this research, it turns out exploratory discovery learning approach can improve student learning outcomes in science subjects optimally.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Eksploratory Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:24
Last Modified: 09 Sep 2022 09:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item