Annisaa, Nur (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE PADA MATA PELAJARAN IPS Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kampung Besar III Kabupaten Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TA_opt.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Kampung Besar III Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas 2 siklus. Alat pengumpulan data berupa soal tes evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus adalah: siklus I siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 67 sebanyak 39 siswa atau 70,90% tuntas dan sebanyak 16 siswa atau 29,09% yang tidak tuntas., sedangkan pada siklus II siswa yang memenuhi KKM ada sebanyak 49 siswa atau 89,09% tuntas dan 6 siswa atau 10,90% tidak tuntas. Aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table semakin meningkat. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of this research is to improving the activity of student learning and learning outcomes of student on the subjects of social studies in fourth grade Kampung Besar III elementary school Teluknaga Subdistrick Tangerang Regency. The method used in this research is Classroom Action Research 2 cycles. An instrument is test data evaluation , observation sheets teachers activity , and students activity . Improved learning outcomes of students are: first cycle students who fulfill the criteria for completeness minimal (CCM) is 67 as many as 39 students or 70,90% completed and 16 students or 29,09% not completed. In the second cycle, the students who fulfill CCM there are as many as 49 students or 89,09% completed and 6 students or 10,90 % not completed. The activity of students and teachers in the process of learning to use the model of cooperative learning type round table is improve. Based on the results of the analysis, then can be conclude that using a model of cooperative learning type round table can improve learning outcomes of student on the subject of social studies. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil belajar siswa, mata pelajaran IPS, model pembelajaran kooperatif tipe round table, Penelitian Tindakan Kelas. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 22:11 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2022 14:24 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13558 |
Actions (login required)
View Item |