Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS NILAI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 KOTA TANGERANG

HARTUTI, SRI (2015) ANALISIS NILAI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 KOTA TANGERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSAB3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Sri Hartuti . 7771130082. Analysis Values Character Education At 99 Novel Light In Sky Europe work Hanum Salsabiela Rais and Rangga Almahendra For Class XI Student Learning Materials at SMAN 10 Tangerang. Thesis. For Class XI Student Learning Materials at SMAN 10 Tangerang. Thesis. Indonesian Language Instructional Program, Post Graduate, Sultan Ageng Tirtayasa University. 2014. The purpose of this study were to determine: the structure of the novel 99 Light in the Sky Europe; character education values contained in the novel 99 Light in the Sky Europe; learning materials and plan educational values contained character in the novel 99 Light in the Sky Europe works Hanum Salsabiela Rais and Rangga Mahendra. The subjects were the values of character education and research the data is in the form of words, sentences, phrases that contain the values of character education. This research method using descriptive analysis approach, which includes the steps of: collecting data, collate and clarify the data, analyze the data, and then interpreting them. The results showed: 1) the theme of the novel 99 Light in the Sky Europe Islam is not a violent religion and background are not limited to; 2) the values of character education includes the value of friendship , the value of values of character education includes the value of friendship , the value of hard work, the value of love of the homeland , the value of honesty, curiosity value, the value of achievement; 3) Alternative learning in high school can be done through the selection of learning materials tailored to the syllabus, teaching methods, learning strategies, instructional media, and evaluation as a form of mastery of the material that is taught as well as a form of assessment .

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorChussaery RS, Chussaery RS195212122003121001
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman196610052001121001
Additional Information: Sri Hartuti. 7771130082. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas XI Di SMAN 10 Almahendra Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas XI Di SMAN 10 Tangerang. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: struktur pada novel 99 Cahaya di Langit Eropa; nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel 99 Cahaya di Langit Eropa; dan rencana bahan pemelajaran nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Mahendra. Subjek penelitian ini adalah nilai- nilai pendidikan karakter dan data penelitiannya adalah berupa kata, kalimat, ungkapan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif analisis, yang meliputi langkah-langkah: mengumpulkan data, menyusun dan mengklarifikasi data, menganalisis data, kemudian menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tema novel 99 Cahaya di Langit Eropa Islam bukanlah agama yang keras dan latar tidak terbatas; 2) nilai-nilai pendidikan bukanlah agama yang keras dan latar tidak terbatas; 2) nilai-nilai pendidikan karakter meliputi nilai persahabatan, nilai kerja keras, nilai cinta tanah air, nilai kejujuran, nilai rasa ingin tahu, nilai prestasi; 3) Alternatif pembelajaran di SMA dapat dilakukan melalui pemilihan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan silabus, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi sebagai bentuk penguasaan materi yang diajarkan serta sebagai bentuk penilaian.
Uncontrolled Keywords: the values of character education, learning materials
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Apr 2022 09:54
Last Modified: 20 Apr 2022 09:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13532

Actions (login required)

View Item View Item