KHARIS ABADI, MA’ULFI (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP ARITMATIKA SOSI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Matematika merupakan disiplin ilmu yang sangat penting penggunaannya dalam kehidupan sehari hari. Dalam kenyataan siswa masih merasa malas, bosan, enggan untuk mempelajari matematika. Untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional pemerintah memberikan solusi yaitu pembelajaran menggunakan kurikulum 2013. scientific approach merupakan ciri dari kurikulum 2013. Dalam pembelajaran menggunakan scientific approach proses belajar terdiri dari tahap-tahap, mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji jika berhasil ditambahkan mencipta. Dalam kurikulum 2013 yang menjadi sumber belajar adalah buku, media cetak, dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar yang relevan. Sebagian besar bahan ajar cetak yang ada di pasaran belum sesuai kurikulum 2013. Dari hal di atas perlulah pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan menjawab tantangan dari peserta didiknya. Bahan ajar dengan scientific approach, selain itu bahan ajar ini harus memotifasi siswanya untuk tidak malas, tidak cepat bosan, dan lebih bersemangat untuk belajar matemika. Pentingnya bahan ajar ini dalam kurikulum 2013 menjadi tantangan untuk lebih dipelajari dan dikembangkan. Sehingga pengembangan bahan ajar interaktif berbasis scientific approach ini yang sekiranya menjawab tantangan tersebut
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Mathematics is a discipline that is very important to use in their daily lives. In fact the students still feel lazy, bored, reluctant to learn mathematics. To improve the quality of national education the government provides a solution that uses the learning curriculum 2013. The scientific approach is characteristic of the curriculum 2013. In learning to use a scientific approach learning process consists of stages, observe, ask, try, reasoning, convey if successfully added creation. In 2013 the curriculum is the source of learning is a book, print media, and electronic, about nature or relevant learning resources. Most of the print instructional materials on the market does not appropriate in the curriculum 2013. Based on the above it is necessary to the development of teaching materials in accordance with the curriculum in 2013 and answers the challenges of learners. Teaching materials with a scientific approach, beside that to the teaching materials should motivate students to not be lazy, do not get bored, and more eager to learn mathematics. The importance of this resource in the curriculum 2013 to be a challenge for the more studied and developed . So the development of scientific -based interactive teaching materials that if this approach to answer the challenge. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Bahan ajar interaktif, Kurikulum 2013, scientific approach. | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 21:55 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2022 09:58 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13515 |
Actions (login required)
View Item |