ULFAH, SITI (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATISSISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BIDANG DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN VISUALSPASIAL DAN LOGIS MATEMATIS. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Bidang Datar Ditinjau dari Kecer~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (58MB) |
Abstract
SITI ULFAH,Analysisof Student’s Mathematical Creative Thinking Ability in SolvingThe Plane Geometry Problems in Terms of Visual Spatial Intelligence and MathematicalLogic.A research paper of mathematic department, Teacher Training and EducationFaculty,Sultan Ageng TirtayasaUniversity, Serang, 2016. This research has a purpose to knowstudent’s mathematical creative thinking ability insolving the plane geometry problems in terms of visual spatial intelligence andmathematical logic. Instruments in this research are human instrument as a primaryinstrument who helped by visual spatial intelligence (KVS) test, mathematical logicintelligence (KLM) test, mathematical creative thinking ability (KBKM) test, andinterview direction. Datacollection technique which is used are technique and sourcetriangulation. Research subject is 36 students inVII grade ofSMPN 1 Cilegonwhichchoose maximal two students in each criteria of KVS (high, medium, and low) andKLM(high, medium, and low) combination. Theresult research are 1) students who have highKVSand highKLMhave creative thinking ability from product aspect in the best solvingthe plane geometry problems, 2) generally, students who haveKLMbetter thanKVSarehaving better mathematical creative thinking ability than students who haveKVSbetterthanKLM, 3) mathematical creative thinking ability from process aspect consist ofgenerating, planning, and producing levels, for students who balanceKVSandKLMrelatively, students have ability to solve the problems usingKVSandKLMat the sametime, to be done more than once, and balance, but they are on each levels, 4)mathematical creative thinking ability from process aspect, students who have KLMbetter than KVS use visual spatial intelligence earlier than mathematical logicintelligence in problem solving, although students who haveKVSbetter thanKLMusemathematical logic intelligence earlier than visual spatial intelligence.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | SITI ULFAH, Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalamMenyelesaikan Masalah Geometri Bidang Datar Ditinjau dari Kecerdasan VisualSpasial dan Logis Matematis, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 2016. Penelitian ini bertujuan mengungkapKemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswadalam Menyelesaikan Masalah Geometri Bidang Datar Ditinjau dari Kecerdasan VisualSpasial dan Logis Matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahtriangulasi teknik dan sumber. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendirisebagai instrumen utama yang dibantu dengan instrumen tes kecerdasan visual spasial(KVS), tes kecerdasan logis matematis (KLM), tes kemampuan berpikir kreatif matematis(KBKM), dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1Cilegonsebanyak 36orang yangdipilihmaksimal dua orang siswa pada setiap kriteriadari kombinasi KVS (tinggi, sedang, dan rendah) dan KLM (tinggi, sedang, dan rendah).Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)siswa yang memiliki KVS tinggi dan KLM tinggi(Rvtlt) memiliki kemampuan berpikir kreatif dari segi produk dalammenyelesaikanmasalah geometri bidang dataryangterbaik, 2) secara umum, siswa yang memiliki KLMlebih ungguldaripada KVS(Rvslt, Rvrlt, Rvrls)mempunyai kemampuan berpikir kreatifyang lebih baik dibandingkan dengan siswa yangmemiliki KVS yang lebih menonjoldaripada KLM(Rvtls, Rvtlr, Rvslr),3) kemampuan berpikir kreatif matematis dari segiproses melalui tahapmerumuskan, merencanakan, danmemproduksi,bagi siswayangmemiliki KLM dan KVS yang relatif seimbang (Rvtlt, Rvsls, Rvrlr) siswa dapatmenyelesaikan masalah dengan menggunakan KVS dan KLM secara bersamaan,berulang, dan berimbangnamun pada kadarnya masing-masing, 4)kemampuan berpikirkreatif matematis dari segi proses, siswa dengan KLM lebih unggul (Rvslt, Rvrlt, Rvrls)menggunakan kecerdasan visual spasial terlebih dahulu kemudian menggunakankecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalahsedangkan, siswa dengan KVS lebih unggul (Rvtls, Rvtlr, Rvslt) menggunakankecerdasan logis matematis terlebih dahulukemudian menggunakan kecerdasan visualspasial yang dimiliki. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mathematical creative thinking ability, visual spatial intelligence,mathematical logic intelligence, plane geometry | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 20 Apr 2022 06:03 | |||||||||
Last Modified: | 20 Apr 2022 06:03 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13503 |
Actions (login required)
View Item |