Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN UKM JURNALISTIK UNTIRTA DALAM MEMBANGUN KOHESIVITAS

RAHMI FATHIA, SITI (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN UKM JURNALISTIK UNTIRTA DALAM MEMBANGUN KOHESIVITAS. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN UKM JURNALISTIK_unlocked.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Rahmi Fathia. NIM 091721. Skripsi. Strategi Komunikasi Pimpinan UKM Jurnalistik Untirta dalam Membangun Kohesivitas. Program Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2013. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi pimpinan UKM Jurnalistik Untirta dalam membangun kohesivitas. Sebagai pers kampus UKM Jurnalistik memiliki produk jurnalistik yaitu Bidik Utama diprogramkan terbit setiap 3 bulan. Namun penerbitannya terhambat karena kurangnya kohesivitas yang dimiliki setiap anggota. Selain itu terdapat program kerja yang tersendat dari target karena sumber daya manusia yang dirasa kurang. Kekompakan atau kohesivitas merupakan faktor penting karena dapat mendorong terjadinya keakraban dan produktivitas di suatu kelompok / organisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, studi dokumenter dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Ketua Umum UKM Jurnalistik Untirta, pimpinan redaksi Bidik Utama, dan tiga anggota. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori empat sistem Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan strategi komunikasi dari Arifin Anwar yaitu strategi analisis khalayak, pimpinan melakukan pendekatan terhadap anggota melalui komunikasi antarpribadi dan interaksi langsung. Penyusunan pesan secara topikal dan induktif, berupa motivasi, persuasi dan informasi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Penggunaan metode pimpinan dilakukan dengan metode persuasif, informatif, edukatif lalu repetisi. Media yang digunakan cenderung menggunakan media rapat, dan melalui SMS (Short Messaging Service), aplikasi chatting seperti whatsapp, Blackberry Messenger untuk berkomunikasi dengan anggota. Dari strategi dan berbagai pendekatan yang dilakukan, terdapat adanya perubahan meskipun belum signifikan. Kata kunci : Strategi Komunikasi, UKM Jurnalistik Untirta, Kohesivitas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisoryuliana, nina198106082005012001
Thesis advisormujtaba, burhanuddin197504052008121001
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, UKM Jurnalistik Untirta, Kohesivitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Apr 2022 14:30
Last Modified: 19 Apr 2022 14:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13439

Actions (login required)

View Item View Item