DEWI, NURMALA PURNAMA (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING DAN STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KRAMATWATU SERANG 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING DAN STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. ―Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil menulis cerpen siswa kelas X SMAN 1 Kramatwatu?‖, ―Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode student facilitator and explaining terhadap hasil menulis cerpen siswa kelas X SMAN 1 Kramatwatu?‖, ‖ Apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil menulis cerpen antara yang menggunakan metode Mind Mapping dan yang menggunakan metode student facilitator and explaining pada siswa kelas X SMAN 1 Kramatwatu?‖. Dengan tujuan penelitian mendeskripsikan pengaruh pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode Mind Mapping dan metode Student Facillitator And Explaining terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramatwatu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramatwatu. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil pembelajaran menulis cerpen di kelas eksperimen dengan menggunakan metode Mind Mapping mendapatkan nilai ratarata sebesar 81,21 dengan nilai pretes yaitu 68,13. Penggunaan metode Student Facillitator And Expalining berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 73,1 dengan nilai pretes yaitu 60,36, berdasarkan data hasil pembelajaran yang memiliki peningkatan pada nilai postest di kelas eksperimen yang memiliki selisih 7,76 point dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 81,04 dan 73,28, dari hasil tersebut terlihat adanya perbedaan yang signifikan yakni nilai yang menggunakan metode Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan metode Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran menulis cerpen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa metode Mind Mapping lebih baik dibandingkan dengan metode Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA. Kata kunci: Mind Mapping, Student facillitator And Explaining, Menulis, Cerpen.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Student facillitator And Explaining, Menulis, Cerpen. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2022 11:48 | |||||||||
Last Modified: | 19 Apr 2022 11:48 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13405 |
Actions (login required)
View Item |