Ganika, Gerry (2016) KETERKAITAN ANTARA ORIENTASI RANTAI PASOK, BERBAGI INFORMASI DAN KEPUASAN INTER-RELASI ANTAR PERUSAHAAN. SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12 (1). ISSN 2684-8414
Text
3261-10551-1-PB.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (181kB) |
Abstract
Saat ini persaingantidak hanya terjadi antar perusahaan secara individual, tetapi persaingan antar rantai pasok. Oleh karena itu, kolaborasi antara anggota rantai pasok mutlak diperlukan dalam menghadapi persaingan tersebut, hal ini menandakan manajemen rantai pasok memiliki implikasi strategis bagi perusahaan.Kesadaran dan filosofi akan pentingnya adopsi manajemen rantai pasok merupakan bentuk awal dari manajemen rantai pasok itu sendiri, atau disebut dengan orientasi rantai pasok.Berdasarkan pada pentingnya memahami konsep dasar dari manajemen rantai pasok, maka kajian ini mencoba menyederhanakan konsep manajemen rantai pasok baik secara strategis maupun taktis kedalam sebuah model hubungan sebab akibat yang terdiri dari tiga konsep utama, yaitu orientasi rantai pasok sebagai representasi dari konsepsi strategis dan sistemis. Aktivitas berbagi informasi sebagai representasi dari konsepsi taktis dan operasional, dan kepuasan interelasi rantai pasok sebagai representasi dari salah satu faktor pengukuran kinerja yang ingin dicapai. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi dasar koseptual bagi penelitian-penelitian selanjutnya, serta menjadi masukan baru dalam memahami dimensi dasar dalam praktek manajemen rantai pasok melalui hubungan antara ketiga variabel tersebut
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Additional Information: | Saat ini persaingantidak hanya terjadi antar perusahaan secara individual, tetapi persaingan antar rantai pasok. Oleh karena itu, kolaborasi antara anggota rantai pasok mutlak diperlukan dalam menghadapi persaingan tersebut, hal ini menandakan manajemen rantai pasok memiliki implikasi strategis bagi perusahaan.Kesadaran dan filosofi akan pentingnya adopsi manajemen rantai pasok merupakan bentuk awal dari manajemen rantai pasok itu sendiri, atau disebut dengan orientasi rantai pasok.Berdasarkan pada pentingnya memahami konsep dasar dari manajemen rantai pasok, maka kajian ini mencoba menyederhanakan konsep manajemen rantai pasok baik secara strategis maupun taktis kedalam sebuah model hubungan sebab akibat yang terdiri dari tiga konsep utama, yaitu orientasi rantai pasok sebagai representasi dari konsepsi strategis dan sistemis. Aktivitas berbagi informasi sebagai representasi dari konsepsi taktis dan operasional, dan kepuasan interelasi rantai pasok sebagai representasi dari salah satu faktor pengukuran kinerja yang ingin dicapai. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi dasar koseptual bagi penelitian-penelitian selanjutnya, serta menjadi masukan baru dalam memahami dimensi dasar dalam praktek manajemen rantai pasok melalui hubungan antara ketiga variabel tersebut | ||||||
Uncontrolled Keywords: | orientasi rantai pasok, Aktivitas berbagi informasi, kepuasan interelasi rantai pasok | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management | ||||||
Divisions: | 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201-Program Sarjana Manajemen | ||||||
Depositing User: | Gerry Ganika | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2023 14:08 | ||||||
Last Modified: | 31 Oct 2023 14:08 | ||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13286 |
Actions (login required)
View Item |