Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DI KELAS III SDN KALIASIN 3 SUKAMULYA (PenelitianTindakan Kelas Pada Kelas 3 SD Negeri Kaliasin 3 Sukamulya Kabupaten Tangerang)

ARISKA, ARISKA (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DI KELAS III SDN KALIASIN 3 SUKAMULYA (PenelitianTindakan Kelas Pada Kelas 3 SD Negeri Kaliasin 3 Sukamulya Kabupaten Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi adanya masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning pada pokok bahasan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas III SDN Kaliasin 3 Sukamulya. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Menggunakan instrument penelitian berupa tes dengan 4 soal essay, observasi aktivitas guru dan siswa, dan wawancara guru. Hasil belajar pada pra siklus, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 38% atau 12 orang siswaa. Pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat menjadi 65% atau 20 orang siswa dan persentase aktivitas peserta didiknya 73%. Akan tetapi hasil pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dengan memperoleh nilai ≥ 60 untuk hasil peserta didik dan 80% untuk aktivitas belajar siswa. Kemudian siklus II ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 100% dan aktivitas belajar siswa mencapai 100%. Dari perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSARI DEWI, RATNA198105052005012002
Thesis advisorRAHMAN HAKIM, ZERRI198003312010121001
Additional Information: Classroom action research is caused by some problems, such as students’ low value of social knowledge and students’ less study activities. This research is purposed to help teacher increases students’ study activities and result. This research the use Brain Based Learning style on activities on the subject of buying and selling activities in the home environment and school. This action research uses Kemmis and Taggart research model. The subjects of this research are 31 students of third grade at SDN Kaliasin 3 Sukamulya. This research would be held by 2 cycles. Each cycle would have two meetings. It uses some research instruments, such as 4 essay questions, teacher and students’ activities observation dan teacher’s interview. The study result of pre cycle, students’ study completeness is only 38%. At first cycle, study completeness increases to 65% and students’ activities percentage are 73% . however, the first cycle study result isn’t reach the success indicator, which is reach up to 60 for students’ study result and 80% for students’ study activities. Then at second cycle, the study completeness increases to 93% and students’ activities reach 100%. From this data we can conclude that using of Brain Based Learning model to improve students outcomes in.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Aktivitas belajar, Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Brain Based Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:52
Last Modified: 07 Sep 2022 10:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item View Item