Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO PADA MATERI BILANGAN ROMAWI Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Batok Bali Tahun Pelajaran 2014/2015

Hapsari, Nurma (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO PADA MATERI BILANGAN ROMAWI Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Batok Bali Tahun Pelajaran 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

This research background is teacher never using instructional media that makes the students to be creative. It is seen student interest to less in mathematics learning. The purpose of the research is gain an overview of using media instructional dominoes card to improve learning outcomes in mathematics learning. This research method is classroom action research wtih stages planning action, implemention action, observation and valuation, and reflection. Implement in two cycle and each cycle consist of three meets. The research subject is fourth class SDN Batok Bali with 46 students. The data collected is student learning outcomes, observation of student and teacher activity, interview, and field notes. The results of this research is: (1) using media instructional dominoes card can improve student learning outcomes in mathematics learning, it can be seen an increase in the average value of learning outcomes in one cycle is 68,02 and two cycle is 83,73. The percentage mastery learning one cycle is 47,82% and two cycle 80,43%. (2) using media instructional dominoes card can student activity in mathematics learning, it can be seen an increase in student activity in one cycle is 68,29% and two cycle is 81,92%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyachruroji, A.197908162005011006
Thesis advisorNulhakim, Lukman197904092007101001
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa menjadi kreatif. Hal ini terlihat dari kurangnya minat belajar siswa terhadap matematika, sehingga menimbulkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang penggunaan media pembelajaran kartu domino untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan rencana tindakan, pelaksaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Batok Bali dengan jumlah 46 siswa. Data yang dikumpulkan yaitu hasil belajar siswa, observasi aktivitas siswa, observasi aktivitas guru, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran kartu domino dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I adalah 68,02 dan siklus II adalah 83,73. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 47,82% dan siklus II 80,43%. (2) penggunaan media pembelajaran kartu domino juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65,70% dan siklus II 81,92%.
Uncontrolled Keywords: media instructional dominoes, student outcomes learning,media pembelajaran kartu domino, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:53
Last Modified: 25 Apr 2022 09:36
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13262

Actions (login required)

View Item View Item