FITRIA, FITRIA (2014) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL PUKAT KARYA TERE-LIYE SEBAGAI RENCANA PEMBELAJARAN DI SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL PUKAT KARYA TERE-LIYE SEBAGAI RENCANA PEMBELAJARAN DI SMP.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Masalah yang dibahas penelitian ini dalam tindak tutur direktif diperlukan sebuah konteks untuk mengerti maksud dari tuturan yakni suatu kalimat dalam percakapan khususnya tindak tutur direktif diperlukan adanya konteks karena konteks sangat menentukan makna suatu ujaran dalam berkomunikasi, penutur dan petutur dapat berkomunikasi dengan baik apabila dapat mengetahui dasar sebuah tuturan yakni konteks. Kegiatan bertutur yang selama ini dilakukan oleh masyarakat bahasa, masih ditemukan adanya kesalahan dalam menafsirkan makna dari ujaran khususnya ujaran yang mengandung tindak tutur direktif karena dalam komunikasi tersebut mereka tidak menerapkan konteks didalamnya. Fokus penelitian ini adalah menganalisis pemakaian tindak tutur direktif dalam novel Pukat karya Tere-Liye Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam novel Pukat karya Tere Liye; (2) apakah hasil penelitian dapat dijadikan sebagai alternatif Rencana Pelaksanaan Pembelajaran? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam novel Pukat karya Tere Liye; (2) mendeskripsikan hasil penelitian untuk dijadikan alternatif Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik catat. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode padan. Sumber data penelitian ini adalah novel Pukat karya Tere Liye. Sementara itu, data dalam penelitian ini adalah penggalan tuturan pada percakapan yang dilakukan oleh tokoh dalam novel Pukat karya Tere Liye yang mengandung tindak tutur direktif. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: (1) tindak tutur direktif jenis memerintah sebanyak 40 data, tindak tutur direktif jenis memohon sebanyak 5 data, tindak tutur direktif jenis merekomendasi sebanyak 1 data dan tindak tutur direktif jenis menasehati sebanyak 8 data; (2) penulis menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbicara di kelas VIII SMP dengan Standar Kompetensi”Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pragmatik, tindak tutur direktif | |||||||||
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 10:31 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2022 14:27 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13148 |
Actions (login required)
View Item |