AMELIA, RIA (2015) PENGEMBANGAN POSTER PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU BADUY UNTUK SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
FILE 2. PENGEMBANGAN POSTER PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU B.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
This research aimed to develop environmental education poster of the local wisdom based Baduy for high school and know the feasibility of poster and lesson plan on the concept of problem of the environment and effort to handle it. This research was a development research (R & D) with ASSURE ((Analysis learners, State Objectives, Select Method, Media and Material, Utilize Media and Material, Require learner partisipation dan evaluate and revise) approach. The instrument in this research were questionnaire, pretest questions, assessment guidelines. Poster was assessed from the elegibility aspects of content, language, presentation and graphics. The data was obtained from assesment guidelines were analyzed quantitatively, then used to repair poster and lesson plan made. The result of this research was a poster environmental education based the local wisdom of a tribal society baduy for high school and lesson plan on the concept of problem of environment and efforts to handle it. Poster and assessment lesson plan according to the experts are very reasonable and could be used as learning devices in the classroom.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan mengembangkan poster pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal masyarakat suku Baduy untuk siswa SMA dan mengetahui kelayakan poster serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada konsep permasalahan lingkungan dan upaya mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan pendekatan ASSURE (Analysis learners, State Objectives, Select Method, Media and Material, Utilize Media and Material, Require learner partisipation dan evaluate and revise). Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, soal pretest dan rubrik penilaian. Poster dinilai dari aspek kelayakan isi / materi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Data yang diperoleh dari rubrik penilaian dianalisis secara kuantitatif, kemudian digunakan untuk perbaikan poster dan RPP yang dibuat. Hasil dari penelitian ini adalah poster pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal masyarakat suku Baduy untuk siswa SMA beserta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada konsep permasalahan lingkungan dan upaya mengatasinya. Penilaian poster dan RPP menurut para ahli adalah sangat layak dan bisa digunakan sebagai perangkat pembelajaran di dalam kelas. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lesson plan, Local wisdom, Baduy ethnic Poster, RPP, Kearifan Lokal, suku Baduy | |||||||||
Subjects: | Q Science > QH Natural history | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2022 09:58 | |||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2022 09:58 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12992 |
Actions (login required)
View Item |