Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SUBKONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 BANJAR

KURNIASIH, NIA (2015) PERBEDAAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SUBKONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 BANJAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SUB~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan bertanya siswa melalui model pembelajaran snowball throwing dengan teams games tournament pada subkonsep klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Model pembelajaran snowball throwing dan teams games tournament sebagai variabel bebas, dan keterampilan bertanya sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banjar tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII C menggunakan model pembelajaran snowball throwing, dan kelas VII D menggunakan model pembelajaran teams games tournament. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (independent sample t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis keterampilan bertanya siswa menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan teams games tournament diperoleh nilai sig. sebesar 0.115. Nilai rata-rata keterampilan bertanya siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran snowball throwing sebesar 62,40% dan yang menggunakan model pembelajaran teams games tournament sebesar 67,48%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat penguasaan keterampilan bertanya siswa menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan teams games tournament pada subkonsep klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Banjar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUTARI, ENGGAR197103152002122001
Thesis advisorRACHMAWATI, DIAN198412242009122005
Additional Information: This research was aimed to know the differences of student’s questioning ability through application of snowball throwing and teams games tournament learning model on classification of living things subconcept in SMPN 1 Banjar. This research was a quasi eksperiment with design posttest only control group design. Learning model of snowball throwing and teams games tournament as independent variable and questioning ability as dependent variable. Population in this research were of all student in class VII SMPN 1 Banjar in academic year 2013/2014. The sample chosen were class VII C use the snowball throwing learning model, and class VII D use the teams games tournament learning model. The sampling technique was conducted by simple random sampling. Data collection techniques used observation sheets. Analysis using t-test (independent sample t-test) to test hypotheses. Based on hypotheses analysis t-test showed that sig value was 0.115. Mean value of student’s questioning ability use the snowball throwing learning model was 62,40% and use the teams games tournament learning model was 67,48%. The result concluded that there was no difference of student’s questioning ability by application snowball throwing and teams games tournament learning model.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Bertanya, Snowball Throwing, Teams Games Tournamen
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:45
Last Modified: 22 Aug 2022 10:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item View Item