Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IDENTIFIKASI KOMUNITAS PLANKTON DI PERAIRAN KALIMATI KECAMATAN PAMARAYAN KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN

PERMANA, YUDI (2016) IDENTIFIKASI KOMUNITAS PLANKTON DI PERAIRAN KALIMATI KECAMATAN PAMARAYAN KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IDENTIFIKASI KOMUNITAS PLANKTON DI PERAIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

YUDI PERMANA. 2016. The Identification of Plankton Community in the District Water Kalimati Pamarayan Serang regency of Banten Province. Supervised by FORCEP RIO INDARYANTO and SAIFULLAH. Plankton communities in Kalimati river Pamarayan because an interesting research area. Since Kalimati river used for wide activity, its plankton community will be altered by such activities. The study aimed to identify the plankton communities and its relationship with water quality parameters. the research conducted in kalimati river from June until July 2016. Plankton abundance, diversity index and the correlation between plankton and water quality were the parameters measured. samples collected from three samples station along Kalimati rivers. The results showed that seven plankton found in Kalimati rivers. the plankton found are Chlorella ( 1,776 ind / L ), Coelastrum ( 777 ind / L ), Merismopedia ( 111 ind / L ), Euglena ( 1,998 ind / L ), Cyclops ( 111 ind / L ), Aulacoseira ( 777 ind / L ) and Nitzschia ( 666 ind / L ). Based on pearson correlation index, there is no correlation between the plankton abundance and the water quality.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIndaryanto, Forcep Rio198109282008121003
Thesis advisorSaifullah, Saifullah198110052008121001
Additional Information: Sungai adalah alur atau wadah alami atau buatan berupa jaringan pengaliran air beserta air di dalamnya, mulai dari hulu sampai muara dengan dibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan. Perairan Kalimati terbentuk karena sudah kurang layaknya jembatan yang pertama maka diadakanya pembangunan jembatan baru dan secara otomatis adanya pengalihan fungsi aliran air, pemindahan bendungan ini dilakukan pada tahun 1990 – 1995. Perairan Kalimati itu sendiri termasuk dalam kategori sungai serbaguna, dimana fungsi sungai dimanfaatkan sebagai irigasi, budidaya ikan, mencuci dan lain-lain serta berfungsi sebagai upaya untuk memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat di sekitar sungai sedangkan dalam budidaya ikan ada 32 keramba yang masih aktif di Perairan Kalimati. Oleh karena itu perlu dilakukan penellitian tentang identifikasi plankton terhadap faktor fisika-kimia perairan di Kalimati. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi komunitas plankton serta hubungannya dengan parameter fisika – kimia perairan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei, dengan melakukan pengambilan sampel air dari 3 stasiun yang telah di tentukan. Penelitian ini dilakukan pada bulan juni – juli 2016 dengan pengambilan sampel 3 kali ulangan dalam selang 15 hari setiap ulangan. Penentuan lokasi pengambilan sampel pada perairan kalimati yakni lokasi stasiun 1 dekat dengan inlet Kalimati, stasiun 2 lokasi KJA (Keramba Jaring Apung) dan lokasi stasiun 3 dekat dengan outlet. Hasil sampling kemudian uji kualitas airnya dan di identifikasi plankton, analisa yang dilakukan adalah analisis kelimpahan plankton, indeks keanekaragaman dan hubungan korelasi pearson antara kelimpahan plankton dengan kualitas air. Hasil penelitian tentang identifikasi plankton di Perairan Kalimati serta hubungannya dengan parameter fisika-kimia perairannya yaitu plankton yang temukan pada seluruh stasiun penelitian adalah Chlorella (1.776 ind/L), Coelastrum (777 ind/L), Merismopedia (111 ind/L), Euglena (1.998 ind/L), Cyclops (111 ind/L), Aulacoseira (777 ind/L) dan Nitzschia (666 ind/L). Berdasarkan analisis kolerasi pearson hubungan antara kelimpahan plankton dengan kualitas air menujukan bahwa tidak ada pengaruh terhadap keberadaan plankton di lokasi penelitian. Hubungan kelimpahan plankton dengan semua parameter kualitas air yang terukur pada lokasi penelitian tidak bisa dibuktikan secara statistik.
Uncontrolled Keywords: Euglena, kalimati river, community, plankton, river, water quality
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54244-Program Studi Ilmu Perikanan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 11:06
Last Modified: 14 Apr 2022 11:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12717

Actions (login required)

View Item View Item