Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB) DI KECAMATAN KASEMEN, KOTA SERANG. (Studi Kasus pada Penyuluh KB dalam kegiatan Penyuluhan dan Konseling)

RIZKI, ARIEF (2015) PERAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB) DI KECAMATAN KASEMEN, KOTA SERANG. (Studi Kasus pada Penyuluh KB dalam kegiatan Penyuluhan dan Konseling). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB) DI KECAMATAN KASEMEN, KOTA SERANG.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali mengakibatkan permasalahan yang sangat kompleks di Indonesia, program KB menjadi salah satu jalan dalam menyeimbangkan permasalahan aspek kependudukan tersebut. Di Kecamatan Kasemen yang berada di Kota Serang masih banyak permasalahan yang berhubungan dengan aspek kependudukan misalnya banyaknya keluarga yang memiliki anak lebih dari 2 yang tidak dimbangi dengan aspek ekonomi yang baik, kemiskinan, pendidikan yang rendah disebabkan oleh kekurangan faktor ekonomi. Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) mempunyai peran untuk mensosialisasikan program KB dengan baik di Kecamatan Kasemen, maka dari hal tersebut peran PKB sangatlah penting di Kecamatan Kasemen. Teori Atribusi dapat mendefinisikan perilaku melalui cara mengamati dari faktor internal dan faktor eksternal, dalam hal ini peran PKB akan dilihat efektif atau tidak dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam melakukan perannya. Metode Kualitatif digunakan dalam pencarian data meliputi beberapa cara misalnya wawancara, observasi dan dokumentasi dari metode tersebut lalu data dianalisis menggunakan tringulasi untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa PKB sudah melakukan beberapa peran diantaranya; mengelola, menggerakan, memberdayakan masyarakat atau keluarga dan melakukan kemitraan hanya saja masih kurang maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWinangsih, Rahmi196810192005012001
Thesis advisorAsri Praceka, Puspita198407132008122002
Additional Information: Uncontrolled population growth resulted in a very complex problems in Indonesia, program KB being one way in balancing these aspects of population issues. In Kasemen located in Serang still many problems associated with population aspects such as the number of families which have children more than 2 that is not balanced by good economic aspects, poverty, low education was caused by lack of economic factors. Family planning extension officers (PKB) has the role to socialize the program well in KB Kasemen, then the role of the PKB is important in district Kasemen. Attribution theory can define behavior through observing of internal factors and external factors, in this case the role of the PKB would be seen as effective or not and what factors become advocates and a barrier in doing its part. Qualitative methods are used in searches of the data include some way for example interviews, observation and documentation of these methods then the data were analyzed using tringulasi to get a conclusion. The results of this study found that PKB has already done several roles including; manage, control, empowering the community or family and just partnerships do still less maximal. Keywords Interpersonal communication, Extension officers (PKB
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci Komunikasi Interpersonal, Peran Penyuluh KB
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:38
Last Modified: 24 Aug 2022 10:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12614

Actions (login required)

View Item View Item