Sri Rahayu, Herni (2014) Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai-nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amalia Kota Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AMALIA KOTA SERANG.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Herni Sri Rahayu. Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai-nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amalia Kota Serang. Skripsi. Serang: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2014. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling menentukan perkembangan selanjutnya dan masa anak usia dini ialah masa emas (golden age) dimana rasa keingintahuan anak sangat besar tidak terkecuali dengan nilai-nilai moral anak usia dini tentang baik dan buruk suatu hal. Untuk menstimulus rasa keingintahuan anak, guru harus berperan dalam membantu tumbuh kembang anak didik disemua aspek perkembangan, termasuk dalam aspek perkembangan nilai�nilai moral anak usia dini dengan memberikannya bimbingan dan arahan, memberikan contoh yang baik kepada anak dalam berbicara, bersikap dan bertingkah laku serta memberikan contoh cara berpenampilan yang baik kepada anak. Dimana nilai-nilai moral dapat menentukan keberhasilan hidup, oleh sebab itu guru harus berperan dalam mengembangkan nilai-nilai moral anak yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendapatkan fakta atau data yang diperoleh dari sumbernya langsung tentang peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai moral anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak (TK) Amalia Kota Serang di semester dua tahun pelajaran 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya adalah siswa TK kelompok B. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini, yaitu: guru dapat mengetahui perannya dalam mengembangkan nilai-nilai moral moral anak usia 5-6 tahun, guru dapat mengetahui karakteristik perkembangan nilai-niali moral anak usia 5-6 tahun, guru dapat mengetahui cara mengatasi hambatan-hambatan yang ditemui dalam mengembangkan nilai-nilai moral anak usia 5-6 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru harus lebih sabar dalam menghadapi perilaku anak yang kurang baik dan guru harus selalu memberikan arahan, bimbingan dan nasehat kepada anak yang berbuat buruk.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Herni Sri Rahayu. Teacher’s Role in Developing Moral Values in Children Aged 5-6 Years Kindergarten Amalia Serang. Thesis. Attack: Teacher Education Program Early Childhood Education, Faculty of Teacher Training and Education University of Sultan Ageng Tirtayasa, 2014.Early childhood education is an education that most determines the subsequent development and early childhood period is the golden age (golden age) where a very large children’s curiosity is no exception to the moral values of both early childhood and a bad thing. To stimulate the curiosity of children, teachers must play a role in helping the growth and development of students in all aspects of development, including the development of aspects of the moral values of young children by giving guidance and direction, provide a good example to the children in the talk, behave and act, and provide examples of how to look good to the child. Where moral values can determine the success of life, therefore the teacher must play a role in developing a child’s moral values are not good. This study aims to examine and obtain facts or data obtained from the direct source of the teacher’s role in developing the moral values of children aged 5-6 years. This research was conducted in kindergarten (TK) Amalia Serang in the second half to know the lessons from 2013 to 2014.The method used in this study is a qualitative method with descriptive research. Samples were kindergarten students research group B. The data were collected through observations, interviews and documentation. The results of this study, namely: the teacher can determine its role in developing moral values or morals of children aged 5-6 years, teachers can know the characteristics of value-niali moral development of children aged 5-6 years, teachers can find ways to overcome barriers encountered in developing the moral values of children aged 5-6 years.The implication of this study is that teachers should be more patient in dealing with poor behavior and child and the teacher should always provide direction, guidance and advice to children wh | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Peran Guru, nilai-nilai moral, anak usia 5-6 tahun | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:39 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 09:57 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12609 |
Actions (login required)
View Item |