MA’RIFAH, IFAH (2015) PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS HAKIKAT SAINS PADA KONSEP KLASIFIKASI TUMBUHAN UNTUK SMA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS HAKIKAT SAINS PADA KONSEP KLASIFIKASI TUMBUHAN UNTUK SM.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis hakikat sains pada konsep klasifikasi tumbuhan untuk SMA kelas X dan mengetahui kualitas modul pembelajaran berdasarkan penilaian uji ahli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model 3D (define, design, dan develop). Modul pembelajaran yang disusun sudah mengembangkan hakikat sains, yakni sains sebagai sikap, proses, dan produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan angket penilaian untuk uji kualitas modul. Instrumen penilaian uji kualitas modul terdiri dari delapan kriteria yakni mengaitkan ajaran agama, mengembangkan kompetensi sikap, mengembangkan kompetensi kognitif, mengembangkan kompetensi psikomotor, kesesuaian bahasa, penyajian modul, evaluasi modul, dan kegrafikaan. Instrumen penilaian menggunakan skala penilaian 1 sampai 5. Uji kualitas modul dilakukan oleh dua orang dosen jurusan pendidikan biologi Untirta dan tiga orang guru biologi SMA. Berdasarkan hasil uji kualitas modul, modul pembelajaran klasifikasi tumbuhan memperoleh nilai rata-rata 4.6 dari nilai 5 yang termasuk kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aimed to produce a learning modul based on the nature of science in plants classification concept for 10th grade of senior high school and to know the quality of learning modul based on assessment expert. This study used a research and development method with 3D model which consists of define, design, and develop. The arranging learning modul has developed a nature of science which consists of attitude, process, and produced. Data collection techniques for this study used questionnaire and assessment questionaire for quality test modul. Assessment instrument which consists of eight criteria that are religion of teachings, develop a competence of attitude, develop a competence of cognitive, develop a competence of psychomotor, suitability of language, presentation of modul, evaluation of modul, and graph of modul. Assessment instrument used rating scale from 1 until 5. The quality test of the modul was done by two lecturers departement of biology education Untirta and three biology teachers of senior high school. The result of quality test modul showed the learning modul plants classification have average score was 4.6 (of 5) which include are very good | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hakikat Sains, Klasifikasi Tumbuhan, Modul Pembelajaran | |||||||||
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:39 | |||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2022 09:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12603 |
Actions (login required)
View Item |