Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V SDN DUKUH MALANG Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Dukuh Malang Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang

Jannah, Miftahul (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V SDN DUKUH MALANG Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Dukuh Malang Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tentang keragaman suku bangsa menggunakan model Question Student Have. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai hasil belajar siswa pada konsep tersebut. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, pedoman wawancara pada pra siklus, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar siswa dalam bentuk tes tertulis serta lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa yang menyebabkan meningkatnya pula hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas siswa mencapai angka 72%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan mencapai angka 100%. Pada pembelajaran siklus I yang mencapai nilai KKM (60) yaitu 43% dengan nilai rata- rata hasil belajar siswa yaitu 52,5. Sedangkan hasil tes pada siklus II yang mencapai nilai KKM (60) yaitu 86% dengan nilai rata�rata hasil belajar siswa yaitu 80,71. Hasil tes sesudah proses pembelajaran tersebut tergolong dengan kategori yang sangat baik dengan indikator keberhasilan mencapai nilai di atas KKM sebanyak 86%. Ini menunjukkan bahwa menggunakan model Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHosnan, Hosnan19551181982031002
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Additional Information: The aims of This is to study increase the activity of students and the improve student learning outcomes in the study IPS about the diversity of ethnic groups are using model question student have. This study was conducted because of the low value of student learning outcomes in the concept. Subjects in this study were 14 students. Data collection techniques were used, namely, pre-cycle guidance on interview, observation, written tests, and documentation. While the instruments used for collecting data, tests student learning outcomes in the form of a written test and Observation Sheet. The results showed that an increase in the student activity also led to increase student learning outcomes. In the first cycle, the percentage of student activity reached 72%, whereas the percentage of activity in the second cycle students has increased up to 100%. In the first cycle of learning the average value of student learning outcomes is 52,5 with 78% percentage of completeness. While the results of the test on the second cycle the average value of student learning outcomes is 80,71 with a percentage of 86% completeness. The test results after the learning process is classified by the excellent category with indicators of success reaching values above 86% KKM. This suggests that the use of model Question Student Have can activity of students and can improve student learning outcomes.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Gambar, Model Question Student Have, Pembelajaran IPS, Aktivitas belajar dan Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:34
Last Modified: 18 Aug 2022 08:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12592

Actions (login required)

View Item View Item