Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Anak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentences (PTK Pada Siswa Kelas V SDN Pabuaran Tahun Ajaran 2014-2015)

WIDYASTUTI, NOVI (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Anak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentences (PTK Pada Siswa Kelas V SDN Pabuaran Tahun Ajaran 2014-2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENC.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dimana guru mendominasi aktivitas pembelajaran, guru mendominasi pembelajaran dengan ceramah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Pembelajaran Concept Sentences. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pabuaran dengan jumlah 34 siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan II siklus dalam setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi aktifitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siswa siklus I mencapai 57,20 atau 41,1% dan nilai rata�rata siswa siklus II sebesar 77,47 atau 100%, aktivitas siklus I mencapai 60% dan meningkat di siklus II mencapai 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian dengan menggunakan model pembelajaran concept sentences dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195501181984031001
Thesis advisorHERWAN, HERWAN197306142003121001
Additional Information: This research was motivated by the low learning outcomes and learning Indonesian is still teacher-centered, where the teacher dominates the learning activity, the teacher dominated learning with lectures. The purpose of this research is to improve learning outcomes by using a model Indonesian Sentences Concept Learning. The subjects were fifth grade students of SD Negeri Pabuaran the number of 34 students. Research is classroom action research (CAR). The study was conducted with the second cycle in each cycle consisted of two meetings. Data collection using the observation that the activities of teachers and students. The results showed an increase from cycle I to cycle II. The average value of the first cycle of students achieving 57.20 or 41.1% and the average value of the second cycle students for 77.47 or 100%, the activity of the first cycle reaches 60% and increased in the second cycle reaches 100%. These results suggest that studies using sentences concept learning model can improve student learning outcomes.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:, Pembelajaran Bahasa Indonesia, dan Model Pembelajaran Concept Sentences
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:35
Last Modified: 12 Sep 2022 14:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12589

Actions (login required)

View Item View Item