POPPY IRMAYANTI, DEDE (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Citerep Kecamatan Walantaka Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata belajar siswa untuk materi menulis karangan narasipada tahun ajaran 2013-2014 Hal ini juga terlihat dari hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) yang rendah pada hasil pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 60,9 %. Nilai ini dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu sebesar 65 %. Sehingga perlu banyak yang diperbaiki lagi. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan model Quantum Teaching siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa sehingga pada prestasi belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran siswa dan guru. Alur dengan pelaksanaan tindakan bentuk siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dilanjutkan dengan observasi, kemudian refleksi dilanjutkan rencana tindakan selanjutnya. Subyek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Citerep yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar dan foto. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu dengan penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatan keterampilan menulis karangan narasipada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Citerep. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata tes hasil belajar siswa dan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Hal ini menandakan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research based on the lack of student score and activitiy in Indonesian subjects. It can be seen from be students average of writing narative material in the academic years 2013-2014. It also can be seen from the midtest score in Indonesian language with the average score is 60.9%. This score is lower than completeness minimum criteria (KKM) is 65%. Therefore, it needed to solve. One on the effort to improve the learning result and teacher students activity in Indonesian subject. By using Quantum Teaching learning model, the students can improve their score and learning activity so that improve to their learning achievement in Indonesian subject itself. This research is classroom action research (CAR) means the research that aims to resolve the students and teacher learning process. The plots of the action cycle are planning, the implementation that continued with observation, then the reflection that continued with planning for the next implementation. The subject of the research is five grade at SDN Citerep that consist of 33 students. The research instrument are observation sheet of students and teacher activity, the test, and photos. From the research that was conducted, it can be concluded that by using Quantum Teaching learning model can improve students writing narative text of Indonesian subject in SDN Citerep. It can be seen from the students average score and their activity was improved. It indicated that the students learning result was improved from first cycle. The using of Quantum Teaching learning model can improve the students writing skill. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | .Kata Kunci: karangannarasi, keterampilan menulis | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:35 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12585 |
Actions (login required)
View Item |