Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA AUDIO YISUAL PADA SISWA KELAS \T SDN MANDALANGI 1 KABUPATEN PANDEGLANG (PTK di Kelas VI SDN Mandalawangi 1 Kabupaten Pandeglang)

MELIYANTI, DEPI (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA AUDIO YISUAL PADA SISWA KELAS \T SDN MANDALANGI 1 KABUPATEN PANDEGLANG (PTK di Kelas VI SDN Mandalawangi 1 Kabupaten Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VI SDN MANDALANGI 1 KABUPATEN PAND~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan yang peneliti temukan pada saat melakukan observasi awal di kelas VI SDN Mandalawangi 1 pada proses pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis cerpen adalah peserta didik kurang bersemangat dalam menggunakan nalarnya karena kurangnya latihan menulis khususnya cerpen. Permasalahan yang peneliti rumuskan adalah “apakah dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VI SDN Mandalawangi 1 Kabupaten Pandeglang?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas VI SDN Mandalawangi 1 Kabupaten Pandeglang dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audio visual setelah penelitian. Metode penelitian yang yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan model PTK yang digunakan adalah model PTK yang diperkenalkan oleh Stephen Kemmis dan Mc Taggart. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, pengamatan, dan kamera. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada tahap prasiklus menunjukkan bahwa kegiatan menulis cerpen belum dilaksanakan secara maksimal dan proses pembelajaran yang kurang menggali minat peserta didik dalam menulis cerpen. Nilai rata-rata peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I adalah 42,30% dan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II adalah 80,76%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dari siklus I sampai dengan siklus II menunjukkan adanya peningkatan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa di kelas VI SDN Mandalawangi 1 Kabupaten Pandeglang dan peneliti merekomendasikan kepada guru kelas VI agar menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis cerpen

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUPRANI, SUPRANI195504181984031001
Thesis advisorSOLIHATULMILAH, ELIH195903291982012002
Additional Information: The Problem that the researcher found when first observation in class VI SDN Manadalawangi 1 on teaching process Bahasa about writing a short story is students are less eager to use his reason for lack of practice writing short stories in particular. The formulation problem of this research is “is using audio-visual media will improving of student class VI SDN Mandalawangi 1 District Pandeglang in write a short story?”. The purpose in this research is for knowing improving of skill student class VI SDN Mandalawangi 1 District Pandeglang in write a short story after following this research by using audio-visual media. Research method used in this research is Action Class Research (ARC), while the model of ARC used by Stephen Kemmis and MC Taggart model. This ARC implementation in two cycle action. In every cycle include planning, Action, Observation, an reflection. The insrumen used in this research in guidelines for interview, guidelines for observation, and camera. Research product on pra-cycle stage indicated to writing short stories activities is not maximal implemented and teaching process is less of eksploring student in writing short stories. Average of student assessment in first cycle is 42,30% and average of student assessment in second cycle is 80,76%. According to research product from first cycle till second cycle indicate improve, the researcher can concluded that used audio-visual media can improve the writing skills of students in the sixth grade short stories SDN Mandalawangi 1 Pandeglang District and researchers recommend to the sixth grade teachers to use audio-visual media in the learning process of writing short stories Indonesian.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peningkatan, Menulis Cerpen, Media Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:36
Last Modified: 12 Sep 2022 14:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item View Item