PUTRIYANA, TRIA (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Teknik Hafalan di Kelas IV SD Negeri Sukasari 1 Kaduhejo Pandeglang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Teknik Hafalan di Kelas IV SD Negeri Sukasari 1 Kaduhejo Pandeglang.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melaui Teknik Hafalan Di Kelas IV SD Negeri Sukasari 1 Kaduhejo Pandeglang yang dilaksanakan di SD Negri Sukasari 1 Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca puisi dengan menggunakan teknik hafalan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklusnya dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini juga menggunakan instrument observasi dan tes kemampuan membaca puisi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil tes ketuntasan siswa dalam membaca puisi siklus I yaitu mencapai 71% dengan 15 siswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus II terdapat 90% dengan 19 siswa yang mencapai ketuntasan. Dari hasil tersebut siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan membaca puisi, selain itu aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu teknik hafalan dalam membaca puisi dapat meningkatkan siswa dalam belajar karya sastra terutama keterampilan membaca puisi sehingga penghayatan dan pemahaman siswa terhadap karya sastra menjadi baik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Reseacher in be entitle raising skill reading poetry pass through technique know by heart in class IV SDN Suakasari 1 Kaduhejo Pandeglang. Reseacher in a purpose to raising skill student deep reading poetry with use technique know by heart at study language indonesian. Reseacher class who in like two cycle and every cycle two river meeting who consist of planning, executor, observation, and reflekstio. Reseacher in too use instrument observation and atest capability reading poetry. Be based on crop reseacher who in gain from test complete student deep reading poetry crop cycle I that is reach 71% with 15 student who reach complete while at cycle II be found 90% white 19 student who reach complete. Crop from mentioned student to raising deep skill reading poetry that besides activity study too in every meeting conclusio from reseacher in that is technique know by heart deep reading poetry can raising student deep study work literature most skill reading poetry until full and total comprehension student about work literature become good. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Teknik Hafalan, Keterampilan Membaca Puisi | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:01 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 11:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12579 |
Actions (login required)
View Item |