Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF�KOLABORATIF PADA SISWA KELAS V SDN KUBANG SEPAT II (Peneliti Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Kubang Sepat II Citangkil Kota Cilegon)

ANITA, ANITA (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF�KOLABORATIF PADA SISWA KELAS V SDN KUBANG SEPAT II (Peneliti Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Kubang Sepat II Citangkil Kota Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada SDN Kubang Sepat II Cilegon-Banten yang bertujuan menilai proses pembelajaran siswa-siswi SD kelas V dalam rangka memberikan pengarahan pada penyusunan bagian terpenting pada sebuah penulisan surat resmi terkait materi menulis surat resmi pada pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut diperlukan karena mereka mengatakan bahwa masih belum mengerti dalam pembuatan penulisan surat yang baik sehingga diperlukan adanya pemberian materi penulisan surat resmi dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif-kolaboratif supaya lebih efektif. Dalam kegiatan ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan dan 2 kali tes. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh yaitu hasil belajar dan data aktivitas siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Pada pertemuan pertama di siklus I hasil aktivitas kegiatan siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan model pembelajaran kooperatif-kolaborarif hanya sebesar 61%. Pada pertemuan pertama di siklus II ini hasil observasi aktivitas siswa didapat hasil skala persentase aktivitas belajar siswa yaitu 73% dan berdasarkan sudijono (2012:35) hasil tersebut termasuk kategori “baik”. Dibandingkan dengan hasil yang diperoleh pada siklus I, pertemuan kedua sebesar 68% maka terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 6%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparni, Suparni195501181984031001
Thesis advisorRosidin, Odin197612222202121001
Additional Information: This research was conducted on SDN Kubang Snakeskin II Cilegon aimed at assessing the learning process of the students grade V in order to provide guidance on the preparation of the most important part in a formal letter writing related material to write an official letter to the Indonesian language teaching. This is necessary because they say that they do not understand in the manufacture of writing a good letter so necessary to the provision of a formal letter writing materials in using cooperative learning model to be more effective�collaborative. In this activity, the researchers used a class action (PTK) conducted two cycles each cycle there are 2 meetings and 2 times the test. Data collected through tests, observation sheets, interviews, and documentation. Data obtained by the learning outcomes and student activity data for learning Indonesian. At the first meeting in the first cycle of activity results of the students during the learning process Indonesian with cooperative learning model�kolaborarif only by 61%. At the first meeting in this second cycle the observation of student activity obtained results scale percentage of student learning activities, namely 73% and based Sudijono (2012: 35) these results are "good". Compared with the results obtained in the first cycle, the second meeting of 68% then there is an increase in student learning activities amounted to 6%.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar Menulis Surat Resmi, Model Pembelajaran Kooperatif�Kolaborati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:02
Last Modified: 16 Aug 2022 10:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12569

Actions (login required)

View Item View Item