NURSITA, LILIS (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DI KELAS IV Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cibonteng Desa Lebak wangi Kecamatan Walantaka Kota Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visually, Intelectual). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan untuk siklus I pada tanggal 7 & 8 April 2015 dan siklus II pada tanggal 14 & 15 April 2015. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrumen aktivitas siswa dan aktivitas guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk mengukur aktivitas siswa dan aktivitas guru, sedangkan data kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visually, Intelectual) pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Cibonteng berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 59,32% dengan kategori “sangat kurang”, pada pertemuan 2 menjadi 72,49% dengan kategori “cukup”, Sedangkan pada Siklus II pertemuan 1 mencapai 83,53% dengan kategori “baik” dan pertemuan 2 menjadi 93,74% dengan kriteria “ baik sekali”. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 71,88% meningkat sebesar 21,87% pada siklus II menjadi 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visually, Intelectual) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktvitas guru, dan hasil belajar siswa, terbukti dengan adanya peningkatan persentase dari setiap siklusnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of this research is to increase the activity and student learning outcomes in social studies using the learning model SAVI ( Somatic , Auditory , Visually, Intellectual ). The method used in this research is the Classroom Action Research. The procedure is carried out through two cycles where each cycle consists of ; (1) planning (planning), (2) the implementation of the (acting), (3) observation (observing), (4) the reflection ( reflecting). This study was conducted for the first cycle on 7 & 8 April 2015 and the second cycle on 14 and 15 April 2015. The collection of data in this study using student activity sheet instruments and activities of the teacher and the booklet tests to measure student learning outcomes. Data analysis techniques used in this research is qualitative analysis to measure the activity of the student and teacher activities, while quantitative data used to measure student learning outcomes. Results of this study indicate that the use of learning model SAVI (Somatic, Auditory, Visually, Intellectual) in social studies in grade IV SDN Cibonteng impact on increased activity and student learning outcomes. It can be seen from the average activity of students in the first cycle of meetings 59.32% to the category of "very poor", at the second meeting to 72.49% by the category "sufficient", while in Cycle II first meeting reaches 83, 53% to the category of "good" and the second became 93.74% meeting the criteria of "very well. Completeness student learning outcomes in the first cycle reached 71.88% increase of 21.87% in the second cycle into 93.75%. Based on the research that has been conducted by researchers , it can disimpulakan that learning by using learning model SAVI ( Somatic, Auditory, Visually, Intellectual ) can increase student learning activities, aktvitas teacher, and student learning outcomes, as evidenced by an increase in the percentage of each cycle . | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visually, Intelectual), aktivitas dan hasil belajar | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:03 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 09:29 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12559 |
Actions (login required)
View Item |