Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Lontar Baru Serang

Apriliyani, Yenny (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Lontar Baru Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOUR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata belajar siswa untuk materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. Hal ini juga terlihat dari hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) yang rendah pada hasil pembelajaran IPS. Siswa yang memenuhi KKM yakni baru sekitar 33,33% dari jumlah siswa seluruhnya, sehingga perlu banyak perbaikan lagi. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa pada mata pelajaran IPS dengan model cooperative learning tipe teams games tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran siswa dan guru. Alur dengan pelaksanaan tindakan bentuk siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dilanjutkan dengan observasi, kemudian refleksi dilanjutkan rencana tindakan selanjutnya. Subyek penelitian ini adalah kelas IV SDN Lontar Baru yang berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian berupa lembar observasi siswa, tes hasil belajar, lembar wawancara, foto dan didukung oleh catatan lapangan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu dengan penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Lontar Baru. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 70,5 siswa yang mencapai ketuntasan belajar 73,33% menjadai 81,5 siswa yang mencapai ketuntasan belajar 90%. Hal ini menandakan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171985031003
Thesis advisorSari Dewi, Ratna198105052005012002
Additional Information: The research was motivated by the low learning outcomes and learning activities of students on the subjects of Social Sciences (IPS). It can be seen from the average value of student learning for the material social problems in the local environment. It is also evident from the results of Deuteronomy Central Semester (UTS) is low on the learning outcomes IPS. Students who meet the new KKM approximately 33.33% of the total number of students entirely, so it needs a lot of improvement again. One effort to improve learning outcomes and the activities of teachers and students in social studies learning model cooperative learning type teams games tournament (TGT). This research is a classroom action research (CAR) is the research that aims to improve the learning process of students and teachers. Groove with the implementation of measures that form a cycle of planning, implementation of the action continued with the observation, reflection and then proceed further action plan. The subjects of this study were class IV SDN Lontar Baru 30 students. Research instrument in the form of student observation sheet, achievement test, interview sheets, photos and supported by field notes. From the results of research conducted was concluded that the application of the teaching model of cooperative learning type teams games tournament (TGT) may improve learning outcomes and the activities of teachers and students in social studies grade IV SDN New Lontar. It can be seen from the average value of the test results of students in the first cycle has risen 70.5 students who achieve mastery learning 73.33% 81.5 students who achieve passing grade of 90%. This indicates that mastery learning outcomes of students has increased from cycle I to cycle II. The implementation of cooperative learning model type teams games tournament (TGT) may improve learning outcomes and student activities in social studies.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:03
Last Modified: 16 Aug 2022 09:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12555

Actions (login required)

View Item View Item