Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Kusnandar, Hardi (2014) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE ROTATING TR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan baik adalah metode Rotating Trio Exchange (RTE). Pada metode ini siswa di bagi ke dalam 3 kelompok dan melingkar. Tiap kelompok diberikan soal komunikasi matematis untuk dikerjakan. Setelah itu kelompok di rotasi. Setelah itu, siswa diberi soal kembali untuk didiskusikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan metode RTE lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa, (2) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan metode RTE lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kontrol group non ekuivalen, ditentukan populasi targetnya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramatwatu tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan metode RTE lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan metode RTE lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAnriani, Nurul198201192006042003
Thesis advisorVivi Yandari, Indhira Asih1969906292003122001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Rotating Trio Exchange (RTE), komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:13
Last Modified: 15 Aug 2022 11:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12515

Actions (login required)

View Item View Item