KURNIAWAN PUTRI, ARUM (2015) PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI PKBM TERATAI KOTA CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKE.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini mengenai penggunaan modul pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar pada warga belajar Paket C dengan fokus masalah 1). Perencanaan pembelajaran Kesetaraan Paket C di PKBM Teratai Kota Cilegon, 2). Penggunaan modul pembelajaran pada warga belajar Kesetaraan Paket C di PKBM Teratai Kota Cilegon, 3). Meningkatkan minat belajar warga belajar Kesetaraan Paket C di PKBM Teratai Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Kesetaraan Paket C di PKBM Teratai Kota Cilegon, 2). Untuk mengetahui penggunaan modul pembelajaran pada warga belajar Kesetaraan Paket C di PKBM Teratai Kota Cilegon, 3). Untuk mengetahui cara meningkatkan minat belajar warga belajar Kesetaraan Paket C di PKBM Teratai Kota Cilegon. Penelitian ini dilakukan pada program Kesetaraan Paket C di PKBM Teratai Kota Cilegon. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitiannya yaitu 2 orang tutor Paket C dan 4 orang warga belajar Paket C. Dari hasil penelitian di dapat beberapa kesimpulannya diantaranya perencanaan pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode dan media pembelajaran yang digunakan, alokasi waktu, serta evaluasi/penilaian. Cara tutor dalam menggunakan modul pembelajaran sudah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah penggunaan modul pembelajaran. Akan tetapi dikarenakan modul tersebut kurang rutin digunakan secara mandiri oleh warga belajar, sehingga masih kurang efektif penggunaan modul pembelajaran. Sebagian besar warga belajar tertarik dengan menggunakan modul untuk mempelajari modul tersebut secara mandiri. Sebagian besar warga belajar memiliki minat belajar yang tinggi. Dilihat dari adanya perasaan senang saat menggunakan modul pembelajaran, pernyataan lebih menyukai saat menggunakan modul pembelajaran, adanya rasa ketertarikan dalam menggunakan modul pembelajaran, adanya perhatian saat menggunakan modul pembelajaran, dan adanya keterlibatan aktif saat menggunakan modul pembelajaran. Dengan demikian penggunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar pada warga belajar Kesetaraan Paket C di PKBM Teratai.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Penggunaan modul pembelajaran, minat belajar. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:13 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 11:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12513 |
Actions (login required)
View Item |