Ayu Jamilah, Enong (2014) PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Panancangan 5 Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN METODE QUANTUAM TEACHING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Quantum Teaching dan mengetahui pencapaian persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2014. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas V SDN Panancangan 5 dengan jumlah siswa 51 orang. Metode penelitian menggunakan tes soal tertulis, lembar observasi, dan lembar wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 65,09 dan siklus II sebesar 85,49. Sedangkan persentase ketuntasan siswa siklus I adalah 64,70% dan siklus II adalah 84,31%. Kesimpulannya adalah penggunaan metode quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hasil penelitian ini disarankan bagi guru untuk dapat menggunakan metode quantum teaching dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to determine the improvement of students lerning outcomes in science teaching using the quantum teaching methods, and determine the percentage of mastery learning achievement of students. The research was conducted in August 2014. The population in this study was a fifth grader SDN Panacangan 5 the number of 51 students. The research methods used was Classroom Action Research (CAR). Research instrument using a written test questionst, observasition sheets and questionnaires. The results showed an increase in student learning outcomes from the first cycle to second cycle. In the first cycle the average value of students is 65,09 and the second cycle was 85,49. While the percentage of completeness students is 64,70% and the second cycle was 84,31%. the conclusion is the use of quantum teaching methods can improve learning outcomes of students in science subjects. The results of this advisable for teachers to implement using the quantum teaching methods in learning science. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Siswa, Metode Quantum Teaching. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:09 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 10:04 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12497 |
Actions (login required)
View Item |