Ningtias, Ratna Dwi (2015) PENGGUNAAN GAYA BAHASA KIASAN DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN GAYA BAHASA KIASAN DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata terdapat bahasa yang tidak biasa. Bahasa yang menjadikan sebuah karya sastra terlihat lebih menarik. Penggunaan bahasa sebagai piranti cerita cukup disadari, kesadaran berbahasanya cukup tinggi dalam kaitannya sebagai karya sastra. Cerita tampak hidup, bukan dihidupkan dengan bahasa pengarangnya, namun bahasa menyublim dalam bentuk cerita. Dalam unsur instrinsik novel, yang sering ditemukan di sekolah biasanya guru hanya melulu menugasi siswa dalam mencari tokoh, penokohan, dan amanat saja. Padahal unsur instrinsik dalam novel bukan hanya itu, melainkan juga gaya bahasa. Gaya bahasa ini sering terabaikan oleh guru dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis memfokuskan kepada “Penggunaan Gaya Bahasa Kiasan dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata.” Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa kiasan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata (2) menunjukkan makna kiasan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif, yakni mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa kiasan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, sedangkan teknik yang digunakan ialah studi pustaka, yaitu penulis menelaah buku-buku yang berkaitan dengan penggunaan gaya bahasa kiasan. Selain teknik studi pustaka, analisis isi digunakan untuk menganalisis isi dalam novel, hasil analisis ini akan diperoleh deskripsi tentang penggunaan gaya bahasa kiasan dan makna kiasan. Akhirnya, berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan berbagai macam gaya bahasa kiasan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, diantaranya gaya bahasa kiasan persamaan atau simile, metafora, alegori, parabel, personifikasi, alusi, eponim, epitet, metonimia, antonomasia, sinisme, hiperbola, sarkasme dan hipalase. Makna yang terkandung dalam kiasan-kiasan tersebut dapat membantu pembaca untuk lebih mengenal berbagai jenis gaya bahasa kiasan; dan penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pendidikan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Novel, Gaya Bahasa Kiasan, Implikasi Pembelajaran. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:10 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2022 11:17 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12483 |
Actions (login required)
View Item |