Roswantika, Liyana (2015) PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif Di TK Pelita Rangkasbitung). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (3MB) |
Abstract
The purpose of this research are to knowing: (1) the reading ability children’s age 5-6 years at TK Pelita Rangkasbitung, (2) the process of learning by using children age 5-6 years at TK Pelita Rangkasbitung, (3) the evaluation of process reading ability through the pictures card media. The research is held on May 2015 at TK Pelita Rangkasbitung. The subject of this research are the children’s age 5-6 years. The method that using in this research is qualitative method. The data accumulation technique are from observation, range note, interview, and documentation. The data analysis are using data reduction , data presentation and conclusion. The data validity are using with extension observation. Increasing application research, triangulation and checking member. Based on the data analysis, explain that the reading ability development of the children’s age 5-6 year at TK Pelita Rangkasbitung. Are reverb it can observe from the 15 indicator that research using as references and also from the learning process at school the developing reading ability children are there are children that only can read his/ her name with good, the children’s can differentiate the vocal and consonant letter, the children’s can connect the picture with its letter and the children’s can agglomerate the picture that have the same sound and prefix letter.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Rangkasbitung, 2) proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu gambar untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Rangkasbitung, 3) proses evaluasi kemampuan membaca anak melalui media kartu gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015. Dengan lokasi penelitian di TK Pelita Rangkasbitung. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan penelitian, triangulasi, pengecekan anggota. Berdasarkan analisis data, menyatakan bahwa perkembangan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Rangkasbitung berkembang dengan baik. Hal ini dapat diamati dari 15 indikator yang peneliti gunakan sebagai acuan. Juga dapat diamati pada proses pembelajaran di sekolah, perkembangan kemampuan membaca anak diantaranya: ada anak yang mampu membaca namanya sendiri dengan lengkap dan benar, anak-anak mampu membedakan huruf vokal dan huruf konsonan, anak-anak mampu menghubungkan gambar dengan tulisan, dan anak-anak mampu mengelompokkan gambar yang mempunyai bunyi huruf awalan yang sama. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kemampuan Membaca, Anak Usia 5-6 Tahun, Media Kartu Gambar. Keywords: Reading ability, The children age 5-6 year, Pictures card media. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 12:08 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 12:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12415 |
Actions (login required)
View Item |