Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di Kelas VI SD Negeri Citalahab I, Pandeglang, Banten)

Hasanah, Uswatun (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di Kelas VI SD Negeri Citalahab I, Pandeglang, Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISW.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study, entitled impelemtation of cooperative learning model bamboo dancing to improve student learning outcomes in social studies conducted at VI grades of Citalahab I elemtary school Sub Banjar Pandeglang. This study aims to improve student learning outcomes in social studies with applikastion of cooperative learning model bamboo dancing and to determine the application execution using cooperative learning model bamboo dancing.This study uses action research who conducted two cycles, and each sycle two meetings which consists of planning implementation, observation and reflection. This study also used the instrument of observation and tests. Based on the research result of an objective test, students gained mastery learning cycle 1 was 69,23 %, while in cycle 2 reaches 88,48% an increase of 19,23%. in addition, student activity also increased from first meeting of the firs cycle is 53,33 %. Ancreaches 93,33%. The conclusion of this study stated that the application of cooperative learning model bamboo dancing can improve student learning outcomes in social studies class VI of citalahab 1 elemtary school.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSHOLIH, SHOLIH196006141987021002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VI yang dilaksanakan di SDN Citalahab 1 kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dan untuk mengetahui penerapan pelaksanaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklusnya dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini juga menggunakan instrument observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil tes objektif ketuntasan belajar siswa siklus 1 yaitu 69,23% sedangkan pada siklus II mencapai 88,46 % atau meningkat sebesar 19,23% . selain itu aktivitas siswa juga mengalami kenaikan dari pertemuan kesatu siklus 46,7% meningkat pertemuan kedua pada siklus II mencapai 93,33%. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model pemeblajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dikelas VI SDN Citalahab 1.
Uncontrolled Keywords: cooperative learning model bamboo dancing, learning outcomes. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Bamboo Dancing, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:16
Last Modified: 13 Apr 2022 11:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12364

Actions (login required)

View Item View Item