Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDIP AL-IJTIHAD KUTABARU Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDIP AL-IJTIHAD Kabupaten Tangerang

Susilawaty, Riny (2015) PENGARUH STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDIP AL-IJTIHAD KUTABARU Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDIP AL-IJTIHAD Kabupaten Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND,.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

This research intends to determine if there is any difference learning result between the student who uses MURDER learning strategy and the student who uses problem based learning strategy (SPBM). Theoretical support for this strategy is the theory of information processing by Robert Gagne. The underlying assumption of Gagne’s theory that the learning is a very important factor in development. Development is the cumulative result from learning. Learning result is from whole learning result before which is related. Gagne argues that in learning occurs acceptance information processing occurs an interaction between internal condition and external condition. The research method used is quasi experimental design Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique used is cluster sampling. Based on research’s result concluded that the used of MURDER learning strategy have an effect on student learning result on science subject. This is evidenced by the result of calculatios using t-test two parties, got that -t ≤ t ≥ +t , or -2,001 < 2,578 > 2,001, and then H is rejected and H is accepted. t is the rejection H region, then H is accepted and the increasing average of learning result using MURDER learning strategy is 0,70% in the medium category (Meltzer in Herlanti, 2006:71). The research suggestion is the teacher applies MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) learning strategy in the learning process and as an alternative to increase learning result. MURDER learning strategy makes learning activities more fun, active, utilizing the tendency of interaction and student activities in the learning and MURDER learning strategy should be relevant to the discussion material and children’s development.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarbini, Asnawi195207261981031002
Thesis advisorTaufik, M.198309022009121004
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi belajar MURDER dengan siswa yang menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM). Dukungan teori untuk strategi ini adalah teori pemrosesan informasi yang dikemukakan oleh Robert Gagne, asumsi yang mendasari teori Gagne adalah bahwa pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan. Pengembangan merupakan hasil kumulatif daripada pembelajaran. Hasil pembelajaran merupakan kumpulan keseluruhan hasil- hasil pembelajaran sebelumnya yang saling terkait. Gagne berpendapat bahwa dalam pembelajaran terjadi proses penerimaan informasi untuk kemudian diolah sehingga menghasilkan keluaran dalam bentuk hasil pembelajaran. Dalam pemrosesan informasi terjadi adanya interaksi antara kondisi internal dan kondisi eksternal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar MURDER memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata atau uji-t dua pihak, didapat bahwa -t ≤ t ≥ +t , atau -2,001 < 2,578 > 2,001, maka H ditolak dan H diterima. t berada pada wilayah penolakan H , maka H diterima dan rata-rata peningkatan hasil belajar menggunakan strategi belajar MURDER sebesar 0,70% dan untuk Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) sebesar 0,47% keduanya termasuk dalam kategori sedang (Meltzer dalam Herlanti, 2006:71). Saran peneliti adalah guru menerapkan strategi belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dalam proses pembelajaran dan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar dan Strategi belajar MURDER hendaknya harus relevan dengan materi pembahasan dan perkembangan anak.
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar MURDER, Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil Belajar, MURDER Learning Strategy, Science, Learning Result.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:45
Last Modified: 24 May 2022 09:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item