Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DINAS PERHUBUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MODEL KANO

Bangun, Franta (2015) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DINAS PERHUBUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MODEL KANO. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Analisis Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dinas Perhubungan Dengan Menggunakan Metode IPA dan Model Kanoo.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tangerang Regency Ministry of Transportation is one of the Government Agencies that have the authority to KIR test, which determines the vehicle roadworthy or not. The problem that arises is about the public complaints on the work of the Ministry of Transportation Tangerang Regency, especially in the management of KIR, for example in charging a fee that isn't accordance with the applicable legislation, namely Rp. 82.500,00. The purpose of this study was to measure the work level of the society's satisfication and categorize attributes as on evaluation to be repaired, improved or maintained. Attributes that need more attention are attributes that are categorized according to the society has improved since the low value of performace that needs improvement. The attributes that need more attention are attributes that are categorized according to the community has improved since the low value of the performance that needs improvement. The method used in this research is the integration of IPA methods and Kano Model. Based on the results of the integration data processing of IPA methods and Kano Model, so results obtained the attributes that go into the category of improved is the attribute number 1 is the means of making information flow KIR, attribute number 9 is already available toilet / WC, attribute number 11 readily available a place of worship / Mosque. Attributes into fixed categories, the attributes that need a evaluation and more attention from the Tangerang Regency Transportation Agency to improve its performance so that will increase community satisfaction.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUmmi, NurulUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, NuridaUNSPECIFIED
Additional Information: Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang merupakan Instansi Pemerintah yang memiliki kewenangan untuk menguji KIR yaitu menentukan kendaraan layak jalan atau tidak. Permasalahan yang timbul adalah mengenai keluhan masyarakat terhadap kinerja Dishub Kabupaten Tangerang khususnya pada bagian kepengurusan KIR, contohnya adalah memungut biaya yang tidak sesuai dengan Perda yang berlaku yaitu sebesar Rp.82.500,00. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat kinerja terhadap kepuasaan masyarakat serta mengkategorikan atribut-atribut sebagai bahan evaluasi untuk diperbaiki, ditingkatkan atau dipertahankan. Atribut-atribut yang perlu mendapat perhatian lebih adalah atribut-atribut yang masuk dalam kategori diperbaiki karena menurut masyarakat memiliki nilai kinerja yang rendah sehingga perlu adanya perbaikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah integrasi dari Metode IPA dan Model Kano. Berdasarkan hasil pengolahan data integrasi Metode IPA dan Model Kano maka didapatkan hasil yaitu atribut-atribut yang masuk kedalam kategori diperbaiki adalah atribut nomor 1 yaitu sarana informasi alur pembuatan KIR, atribut nomor 9 yaitu sudah tersedia toilet/WC, atribut nomor 11 yaitu sudah tersedia sarana untuk tempat beribadah/Mushola. Atribut-atribut yang masuk kedalam kategori diperbaiki merupakan atributatribut yang membutuhkan evaluasi serta perhatian lebih dari pihak Dishub Kabupaten Tangerang untuk memperbaiki kinerjanya sehingga akan semakin meningkatkan kepuasaan masyarakat.
Uncontrolled Keywords: IPA Method, Kano Model, Satisfication of people. Metode IPA, Model Kano, Kepuasan Masyarakat
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Apr 2022 23:31
Last Modified: 09 Apr 2022 23:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item