DERAJAT, QIFTIANI HAETI (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN CARA BERPIKIR SISWA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN CARA BERPIKIR SISWA.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
The background of this research is based on the study introduction to mathematical problem solving ability junior high school students, showed that students' mathematical problem solving ability is still lacking. In solving the problem solving, the students have different ways of thinking. Students have characteristic ways of thinking individual who can assist them in solving problem solving. So it must be conducted research on the analysis of problem solving skills by thinking of students. This study aims to determine students' problem solving ability by the way he thinks. The research was conducted at SMP Negeri 3 Mandalawangi in the first semester of the academic year 2016/2017. The method used is a qualitative research method. The conclusion in this study were: 1) students with a way of thinking Sequential Discipline is able to perform all of the indicators according to Polya, 2) students with a way of thinking Sequential Abstract capable of understanding the problems, planning problems, execute a plan settlement but have not been able to re-examine the answer, 3) students with a way of thinking random Discipline able to understand the problems, planning problems and implement the settlement plan although written at random and have not been able to re-examine the answer, 4) students with a way of thinking random Abstract only able to understand the problem but in the next step the students have not been able to carry it out properly.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Latar belakang dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil studi pendahuluan tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih kurang. Dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah, siswa memiliki cara berpikir yang berbeda. Siswa memiliki karakteritik cara berpikir masing-masing yang dapat membantu mereka dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Sehingga harus diadakan penelitian mengenai analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan cara berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan cara berpikirnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Mandalawangi pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) siswa dengan cara berpikir Sekuensial Konkret mampu melakukan semua indikator menurut Polya, 2) siswa dengan cara berpikir Sekuensial Abstrak mampu memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian tetapi belum mampu memeriksa kembali jawabannya, 3) siswa dengan cara berpikir Acak Konkret mampu memahami masalah, merencanakan masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian meskipun dituliskan secara acak dan belum mampu memeriksa kembali jawabannya, 4) siswa dengan cara berpikir Acak Abstrak hanya mampu memahami masalah tetapi pada langkah selanjutnya siswa belum mampu melaksanakannya dengan baik. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Thinking Students Pemecahan Masalah, Cara Berpikir Siswa | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2022 23:00 | |||||||||
Last Modified: | 09 Apr 2022 23:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11815 |
Actions (login required)
View Item |