Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

CHOIRUNNISA, MILA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP saat proses pembelajaran matematika berlangsung, sehingga diperlukan adanya suatu model pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Metode Penemuan Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; (2) Peningkatan Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; (3) Kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; (4) Peningkatan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Serang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; (2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; (3) Kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; (4) Peningkatan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Kata Kunci : Missouri Mathematics Project, Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, YaniUNSPECIFIED
Thesis advisorMarethi, IndianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project, Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Apr 2022 13:57
Last Modified: 07 Apr 2022 13:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11726

Actions (login required)

View Item View Item