Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP ( Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 2 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang)

SUGIANTI, MERI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP ( Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 2 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL ATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SMP.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran ATI dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam model pembelajaran ATI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel kelas eksperimen adalah VIII-1 dan kelas kontrol adalah VIII-2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ATI dengan model pembelajaran konvensional, dan juga terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah pada siswa yang menggunakan model pembelajaran ATI. Kata kunci: Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAnriani, NurulUNSPECIFIED
Thesis advisorAssaat, Lusiani DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Apr 2022 15:48
Last Modified: 06 Apr 2022 15:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item