Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP AL-KHAIRIYAH Pengampelan)

ULFAH, MARIA (2015) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP AL-KHAIRIYAH Pengampelan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA~1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, salah satunya adalah Penerapan metode kooperarif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh metode Think-Pair-Share (TPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh metode Think-Pair-Share (TPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran yang memperoleh metode Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al�Khairiyah pengampelan. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dengan metode kuasi eksperimen dan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh metode Think-Pair-Share (TPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh metode Think-Pair-Share (TPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Siswa memberikan sikap yang kuat terhadap pembelajaran dengan menerapkan metode Think-Pair-Share (TPS). Kata Kunci : metode Think-Pair-Share (TPS), Kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, MamanUNSPECIFIED
Thesis advisorAssaat, Lusiana DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: metode Think-Pair-Share (TPS), Kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Apr 2022 15:08
Last Modified: 06 Apr 2022 15:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item