Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMUNIKASI INTERPERSONAL PSIKOLOG DENGANPENDERITA DEPRESI DI RUMAH SAKIT KRAKATAUMEDIKACILEGON

Pratama, Bayu and Framanik, Naniek Afrilla and Nursih, Isti (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PSIKOLOG DENGANPENDERITA DEPRESI DI RUMAH SAKIT KRAKATAUMEDIKACILEGON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
BAYU PRATAMA_KOMUNIKASI INTERPERSONAL PSIKOLOG DENGAN PENDERITA DEPRESI DI RUMAH SAKIT KRAKATAU M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL PSIKOLOG DENGAN PENDERITA DEPRESI DI RUMAHSAKITKRAKATAU MEDIKACILEGON Bayu Pratama 6662160095 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonalpsikolog dengan penderita depresi di Rumah Sakit Krakatau Medika Cilegon. Adapun latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan peneliti atas komunikasi seperti apa yang digunakan psikolog menangani pasien penderita depresi.KomunikasiinterpersonalyangditerapkanolehpsikologmenggunakanTeoriSensitivitasRetorisyaitumengenaiKeterbukaan,Empati,SikapMendukung,SikapPositifdanKesetaraan.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodestudikasusdenganteknikwawancaramendalam dan observasi.Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwakomunikasiinterpersonalsangatdibutuhkankarenadarikomunikasi itulah psikolog dapat mengetahui permasalahan yang dialami pasiendengan begitu psikolog pun bisa memberikan dukungan penuh agar pasien merasalega. Psikolog pun menggunakan terapi terapi yang biasa di aplikasikan diantaranya ada kognitif behavior terapi, ada rasional emosional terapi, logo terapi, ada hipnoterapi dan terapi terapi lain nya. Dalam berbicara dengan pasien penderita depresi juga harus menggunakan kata kata yang lebih sopan, lembut agar penderita depresi merasa nyaman dan merasa diterima. Psikolog harus mempunyai cara khusus untuk berkomunikasi dan psikolog harus mengetahui bagaimana perilaku yang ditunjukan oleh pasien, agar pasien bisa mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh psikolog. KataKunci: KomunikasiInterpersonal,TeoriSensitivitasRetoris,Psikolog,PenderitaDepresi dan Rumah Sakit. ABSTRACT INTERPERSONAL COMMUNICATION OF PSYCHOLOGISTS WITH DEPRESSION PATIENTS ATKRAKATAUMEDIKA HOSPITAL CILEGON Bayu Pratama 6662160095 This study aims to determine how psychologist interpersonal communication with depression sufferers at Krakatau Medika Hospital, Cilegon. The background of this research is the researcher's interest in what kind of communication psychologists use to treat patients with depression. Interpersonal communication applied by psychologists uses Rhetorical Sensitivity Theory, namely about Openness, Empathy, Supportive Attitudes, Positive Attitudes and Equality. The method used in this research is a case study method with in-depth interviews and observation techniques. The results of this study indicate that interpersonal communication is needed because it is from communication that psychologists can find out the problems experienced by patients so that psychologists can provide full support so that patients feel relieved. Psychologists also use therapeutic therapies that are commonly applied, including cognitive behavior therapy, rational emotional therapy, logo therapy, hypnotherapy and other therapeutic therapies. In talking to patients with depression, they must also use more polite, gentle words so that people with depression feel comfortable and feel accepted. Psychologists must have a special way of communicating and psychologists must know how the behavior is shown by the patient, so that the patient can understand and understand what the psychologist is saying. Keywords: InterpersonalCommunication,RhetoricalSensitivityTheory,Psychologist, DepressionSufferer and Hospital.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:30
Last Modified: 19 Jul 2024 15:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item