Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS MELALUI PEMAHAMAN TEK DAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 CILEGON

ROMLI, AHMAD (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS MELALUI PEMAHAMAN TEK DAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 CILEGON. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

English is a tool of communication either orally or written. Even though vocabularies are the first thing in developing communication. The learning technique lately is applied to the student’s centered but it’s rarely use a media or tool that can be motivated the students and using monotonly technique until the learning process is boring. The focus of this research are 1) How to Instructional Multimedia Model to Increasing the English Reading Competence and Comprehension Text at Eleventh of SMAN 3 Cilegon Students. 2) How the process of Instructional Multimedia Model to Increasing the English Reading Competence and Comprehension Text at Eleventh of SMAN 3 Cilegon Students 3) How the students’ score in the English reading and comprehension text using Instructional Multimedia Model. 4) What the purpose of Instructional Multimedia Model in the English Reading and Comprehension text. The purpose of the research is to solve the students’ difficulties in increasing the English reading competence and comprehension text using Instructional Multimedia Model. This research is held in SMAN 3 Cilegon of the eleventh class which consists of 30 students by using classroom action research (CAR) descriptive method. The results of these researches are increasing from evaluating English reading and comprehension text test. The implementation of comprehension text technique in the siclus I known by last test got 70.56 (23.33%) and reading competence got 69.33 (21.33%), in the siclus II for comprehension text got 74,22 (110%) and reading competence got 77,11 (23,33%), and the last siclus for reading competence got 86,00 (35,33%) reading competence got 82,44 (16,00%).

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarbini, Asnawi195207261981031002
Thesis advisorSyafrizal, Syafrizal197601302001121001
Additional Information: Bahasa inggris merupakan alat komunikasi secara lisan dan tulis, sementara kosa kata merupakan modal awal dalam memahami komunikasi. Teknik pembelajaran yang selama ini diterapkan sudah berpusat pada siswa (student centered) tetapi jarang menggunakan media atau alat yang dapat memotivasi belajar siswa dan penggunaan teknik yang monoton sehingga pembelajaran menjadi aktifitas yang membosankan. Fokus penelitian yang dikaji adalah 1) Bagaimana model pembelajaran multimedia untuk meningkatkan pemahaman teks dan membaca Bahasa Inggris pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Cilegon? 2) Bagaimana proses model pembelajaran multimedia untuk meningkatkan pemahaman teks dan membaca Bahasa Inggris pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Cilegon? 3) Bagaimana hasil model pembelajaran multimedia untuk meningkatkan pemahaman teks dan membaca Bahasa Inggris pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Cilegon? 4) Apakah tujuan model pembelajaran multimedia dalam pembelajaran pemahaman teks dan membaca Bahasa Inggris pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Cilegon? Adapun tujuan penelitian ini untuk membantu mengatasi kesulitan siswa dalam meningkatkan pemahaman teks dan membaca teks Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Cilegon kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa 30 orang dan penelitian ini menggunakan metode model penelitian tindakan kelas (PTK) deskriptiv. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I telah menunjukan adanya peningkatan. Untuk kemampuan pemahaman teks sebesar 70,56 dengan presentase 23,33% dan kemampuan membaca sebesar 69,33 dengan presentase 21,33% Pada akhir proses pembelajaran pada siklus II dilakukan penilaian terhadap kemampuan pemahaman teks sebesar 74,22 dengan presentase 110% dan kemampuan membaca sebesar 77,11 dengan presentase 23,33% pada siklus III, observasi proses pembelajaran dilakuakn dengan memberikan penilaian kemampuan pemahaman teks sebesar 86,00 dengan presentase 35,33% dan kemampuan membaca sebesar 82,44 dengan presentase 16,00%
Uncontrolled Keywords: nstructional Multimedia Model, Reading and Comprehension Text Model Pembelajaran Multimedia, Pemahaman Teks dan, Membaca Bahasa Inggris
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Apr 2022 13:10
Last Modified: 03 Apr 2022 13:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item