Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE MIND MAP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDIT ASY-SYUKRIYYAH KOTA TANGERANG

Ndhari, Wahyu Dwi Purnomo (2014) PENGARUH METODE MIND MAP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDIT ASY-SYUKRIYYAH KOTA TANGERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Pengaruh Metode Mind Map dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDIT Asy-Syukriyyah Kota Tangerang.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

The objectives of the research were to find out : (1) the influence of mind map method toward learning outcomes of math, (2) the influence of creative thinking ability toward learning outcomes of math, (3) the difference of the students’ learning outcomes between the high creative thinking ability who used mind map method and those who used conventional method, (4) the difference of the student’ learning outcomes between the low creative thinking ability who use mind map method and those who used conventional method, (5) the effects of interaction between the mind map method and creative thinking ability toward learning outcomes of math. The method of the the research was using experiment method (quantitative research). Sample of the research was fourth grade of SDIT Asy-Syukriyyah Tangerang City academic year 2013/2014. The results of the research showed that were significant influence who used mind map method toward learning outcomes of math, there were significant influence of creative thinking ability toward learning outcomes of math, there was not difference of the students’ learning outcomes between the high creative thinking ability who used mind map method and conventional method, there was difference of the students’ learning outcomes between the low creative thinking abiiity who used mind map method and conventional method, there was not any interaction between instructional method and creative thinking ability toward learning outcomes of math. Based on the conclusion of the research, using the mind map method can increase the students’ learning outcomes effectively and creative thinking abilty of the students give positive contribution for improving the learning outcomes

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarif, Chusaery Rusdi195212122003121001
Thesis advisorAsmawati, Luluk197306072008122001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh metode mind map terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir tinggi antara siswa yang belajar menggunakan metode mind map dengan yang menggunakan metode ceramah, (4) perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah antara siswa yang belajar menggunakan metode mind map dengan yang menggunakan metode ceramah, (5) pengaruh interaksi penggunaan metode pembelajarn dengan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika. Metode pada penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen (penelitian kuantitatif). Penelitian dilaksanakan di SDIT Asy-Syukriyyah Kota Tangerang dengan sampel siswa kelas IV Tahun Pembelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode mind map terhadap hasil belajar matematika, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika, tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi baik yang menggunakan metode mind map maupun yang menggunakan metode ceramah, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan belajar menggunakan metode mind map dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan belajar menggunakan metode ceramah, tidak terdapat interaksi antara penggunaa metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind map terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika dan kemampuan berpikir kreatif juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Uncontrolled Keywords: mind map, creative thinking ability, learning outcomes of math mind map, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar matematika Bilangan Romawi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 21:27
Last Modified: 02 Apr 2022 21:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item