NURAZIZAH, NURAZIZAH (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENDIDIKAN EKONOMI KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII IPS F MA DAAR EL-QOLAM. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA M.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
The Creativity to make the creation is one of entrepreneurial skills that need attention. The fact happening in schools, many students who have low of the creativity to make products. There are several factors that influence teacher factors, factors students, facilities and infrastructure factors, and environmental factors. One of the most influential factor and the very need for solutions is a factor in a teacher. Teachers who use conventional teaching methods cause less eager students in learning. The attempt to overcome it is to apply the learning system vary markedly. One of them is using a model Problem-based learning (PBM). This research examines the issues of (1) How the initial conditions Problem-based learning process (PBM) entrepreneurship learning in class XII IPS F MA Daar El-Qolam? (2) Whether students ' creativity can improve learning outcomes in the study of entrepreneurship in class XII IPS F MA Daar El-Qolam? (3) Whether the Problem-based learning model (PBM) can improve the learning results of entrepreneurship in class XII IPS F MA Daar El-Qolam?. This research is a research action class (PTK) and three cycles conducted on students of class XII IPS F Daar El-Qolam. Cycle I, II and III Cycle cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Based on the analysis of research data, it can be concluded that using the model Problem-based learning (PBM) can improve students ' creativity in making artwork. In cycle I, obtained average value of 54,35. In cycle II, increased by an average of 14.5 cycles I IE be 66,8. Later in the cycle to III happens again increased 14.2 of the average cycle II is to be 83.1. Application of model-based learning problems (PBM) also give changes to the student learning behavior in a positive direction. Based on the research results and findings can be concluded that using the model Problem-based learning (PBM) can enhance the creativity of students in making the work.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Kreativitas membuat hasil karya adalah salah satu keterampilan kewirausahaan yang perlu mendapat perhatian. Kenyataan yang terjadi di sekolah-sekolah, masih banyak siswa yang memiliki kreativitas membuat hasil karya rendah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana, dan faktor lingkungan. Salah satu faktor yang paling berpengaruh dan sangat perlu adanya solusi adalah faktor guru. Guru yang mengunakan metode mengajar yang konvensional menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran. Upaya untuk mengatasinya adalah menerapkan sistem pembelajaran yang variatif. Salah satunya adalah menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini mengkaji masalah (1) Bagaimana kondisi awal Bagaimanakah proses Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam pembelajaran kewirausahaan di kelas XII IPS F MA Daar El-Qolam? (2) Apakah kreativitas siswa dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran kewirausahaan di kelas XII IPS F MA Daar El-Qolam? (3) Apakah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar kewirausahaan di kelas XII IPS F MA Daar ElQolam?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XII IPS F Daar el-Qolam. Siklus I, siklus II dan Siklus III terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat hasil karya. Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata sebesar 54,35. Pada siklus II meningkat sebesar 14,5 dari rata-rata siklus I yaitu menjadi 66,8. Kemudian pada siklus ke III terjadi lagi peningkatan 14,2 dari ratarata siklus ke II yaitu menjadi 83,1. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) juga memberi perubahan terhadap perilaku belajar siswa ke arah yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) bisa meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat hasil karya. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | s: Creativity in making product, Model-learning based problems (PBM) Kreativitas dalam Membuat Hasil Karya, Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
|||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 01 Apr 2022 14:20 | |||||||||
Last Modified: | 01 Apr 2022 14:20 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11371 |
Actions (login required)
View Item |