Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII-IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI CIHIDEUNG PANDEGLANG

NURHAYATI, NUNUNG (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII-IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI CIHIDEUNG PANDEGLANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAF.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This research aims to determine on the Influence of Using environment base media limited to the using of the Real Media and Students’ Prior Knowledge towards the Students’ Learning outcomes of Geography in Class XII-IPS Madrasah Aliyah Negeri Cihideung Pandeglang. The research used an experimental method with 2 x 2 factorial design and conducted in Madrasah Aliyah Negeri Cihideung Pandeglang. It was held at the 2 to the end of 30 November 2015. The sample of 60 students were divided into two groups: an experimental group class XII-IPS2 and a control group class XII-IPS1, Each sample group has 30 students. The data analysis was performed using ANOVA two paths with a significant level of 0.05. The results showed that: (1) the Class XII-IPS students’ learning outcomes of geography that used the real media was significantly higher than students who used picture media the average score for geography 80,00 > 73,00. (2) the Class XII-IPS students’ learning outcomes of geography that has better prior knowledge was significantly higher than the students who have lower prior knowledge the average score for geography 82,67 > 67,00. (3) there was a real interaction between the using of real media and the students’ prior knowledge towards the Class XII-IPS students’ learning outcomes of geography (11,50>4,01). (4) the students’ learning outcomes of geography that used real media and have better prior knowledge was significantly higher than students who used picture media and have better prior knowledge the average score for geography 82,67>77,00. (5) the students’ learning outcomes of geography that used real media and have low prior knowledge was higher than students who used picture media and have low prior knowledge the average score for geography 67,00>58,33..

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHASANI, ACENG196708201998021003
Thesis advisorMUKTI LEKSONO, SUROSO197202262005011002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis lingkungan yang dibatasi pada penggunaan media nyata dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XII-IPS Madrasah Aliyah Negeri Cihideung Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dengan desain factorial 2 X 2, bertempat di Madrasah Aliyah Negeri Cihideung Pandeglang. Penelitian dilaksanakan pada 2 Nopember sampai 30 bulan November 2015. Sampel berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen kelas XII-IPS2 dan kelompok kontrol kelas XII-IPS1 .Tiap kelompok sampel berjumlah 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Anova dua jalur dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar geografi siswa kelas XII-IPS yang menggunakan media nyata lebih tinggi dari siswa yang menggunakan media gambar dengan rata-rata hasil belajar 80,00 > 73,00. (2) hasil belajar geografi siswa kelas XII-IPS yang mempunyai pengetahuan awal yang tinggi lebih tinggi dari siswa yang mempunyai pengetahuan awal yang rendah dengan rata-rata hasil belajar 82,67 > 67,00 . (3) terdapat interaksi antara penggunaan media nyata dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XII-IPS nilai Fhitung > dari Ftabel (11,50>4,01). (4) hasil belajar geografi siswa yang menggunakan media nyata dan mempunyai pengetahuan awal yang tinggi lebih lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media gambar dan mempunyai pengetahuan awal yang tinggi dengan rata-rata hasil belajar 82,67>77,00. (5) hasil belajar geografi siswa kelas XII-IPS yang menggunakan media nyata dan mempunyai pengetahuan awal yang rendah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media gambar dan mempunyai pengetahuan awal yang rendah dengan rata-rata hasil belajar 67,00>58,33.
Uncontrolled Keywords: Real Media, Prior Knowledge, Learning Outcomes, Geography. Media Nyata, Pengetahuan Awal, Hasil Belajar, Geografi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 15:14
Last Modified: 30 Mar 2022 15:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item