Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DANKECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

HERYANTO, ELIS (2015) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DANKECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This research aimed is to know the effect of teaching approach scientific and emotional quotient toward mathematics achievement. Based Permendikbud No. 81 A Year 2013 the scientific approach to learning is a learning oriented or student centered. Emotional quotient is a ability interpersonal and intrapersonal hidden cord serves as a controller to balance the feelings, thoughts and actions. This research was conducted in Elementary School Barengkok 1 and Elementary School Cibojong 1 Subdistrict Padarincang Serang Regency of Banten Province. Sample collection used cluster random sampling technique from 100 students Elementary School Barengkok 1 and Elementary School Cibojong 1 was each school 50 students. Data was obtained through survey and analysed using two way analysis of variance (ANAVA) by design treatment by level 2x2.This research result showed that: (1) the mathematics achievement of student who was given teaching approach scientific is higher than the teaching approach teacher center, (2) the mathematics achievement of student who have high emotional quotient is higher than the who have low emotional quotient, (3) there is an interaction effect between teaching approach scientific and emotional quotient toward mathematics achievement, (4) the mathematics achievement of student who have high emotional quotient was given teaching approach scientific is higher than the teaching approach teacher center, and (5) the mathematics achievement of student who have low emotional quotient was given teaching approach scientific is higher than the teaching approach teacher center.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHIDAYAT, SHOLEH195805091984031003
Thesis advisorARDIE, ROMLI195608121984031002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan Permendikbud no 81 A Tahun 2013 Pendekatan pembelajaran saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat kepada siswa (student centered approach) Kecerdasan emosional adalah kemampuan interpersonal dan intrapersonal yang tersembunyi berfungsi sebagai tali pengendali untuk menyeimbangkan perasaan, pikiran dan tindakan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Barengkok 1 dan SD Negeri Cibojong 1 Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang Provinsi Banten. Sampel keseluruhan penelitian ini 100 siswa SD Negeri Barengkok 1 dan SD Negeri Cibojong yang masing–masing sekolah 50 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Pengambilan data diperoleh melalui angket dan dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran saintifik lebih tinggi dengan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran berpusat kepada guru, (2) hasil belajar matematika antara siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah, (3) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran saintifik dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) hasil belajar matematika untuk siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran berpusat kepada guru, dan (5) hasil belajar matematika untuk siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran berpusat kepada guru
Uncontrolled Keywords: Teaching Approach Scientific, Emotional Quotient anMathematics Achievement Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 14:53
Last Modified: 30 Mar 2022 14:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11170

Actions (login required)

View Item View Item