TUNNISA, UMROH (2016) UJI COBA MENULIS PUISI SONIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS X MA AL-MAHDI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
UJI COBA MENULIS PUISI SONIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS X MA AL-MAHDI TAHUN AJARA.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa SMA dalam menulis puisi, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran menggunakan model penulisan puisi Sonian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; pengaruh penggunaan model penulisan puisi Sonian dan Konvensional terhadap pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Mahdi dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan sampel kelas X IPS sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas X IPA sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Dengan demikian jumlah sampel keseluruhan 40 siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) Keterampilan menulis puisi yang menggunakan model penulisan puisi sonian memberikan pengaruh pada siswa kelas X MA Al-Mahdi Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes, yakni nilai tertinggi tes yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 95. Sedangkan nilai terkecil adalah 75. Adapun nilai rata�rata tes di kelas eksperimen adalah 84,1. (2) Keterampilan menulis puisi yang tidak menggunakan model penulisan puisi sonian tidak memberikan pengaruh pada siswa kelas X IPA MA Al-Mahdi Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes, yakni nilai tertinggi tes yang diperoleh siswa di kelas kontrol adalah 85. Sedangkan nilai terkecil adalah 65. Adapun nilai rata-rata tes di kelas kontrol adalah 78. (3) Model penulisan puisi sonian berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X IPS MA Al-Mahdi Tahun Ajaran 2015/2016, walaupun pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Hal ini dapat terlihat dari nilai rata�rata yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata- rata pada kelas eksperimen sebesar 84,1 sedangkan pada kelas kontrol adalah 78. Perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tidak terlalu jauh, yaitu sebesar 5. Untuk perbedaan rentang nilai dari kedua kelas pun hanya lima (5). Standar KKM untuk pelajaran Bahasa Indonesia di MA Al-Mahdi yaitu sebesar 75. Sesuai dengan standar KKM yang sudah ditentukan, kelas eksperimen yang menggunakan model penulisan puisi sonian sudah memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata sebesar 84,1. Untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan model penulisan puisi sonian juga sudah memenuhi nilai KKM, karena nilai rata-ratanya sebesar 78.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2022 13:42 | |||||||||
Last Modified: | 30 Mar 2022 13:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11124 |
Actions (login required)
View Item |