Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK WACANA EKSPOSISI DI KELAS VIII SMPN 1 MAJASARI PANDEGLANG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

ANDRIYANSYAH, DEVI (2016) UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK WACANA EKSPOSISI DI KELAS VIII SMPN 1 MAJASARI PANDEGLANG TAHUN PELAJARAN 2015-2016. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK WACANA EKSPOSISI DI KELAS VIII.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

DEVI ANDRIYANSYAH 2222-082285. Pengaruh Penggunaan Media Audio Video Terhadap Pembelajaran Menyimak Wacana Eksposisi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Majasari Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2015. Penelitian ini di latar belakangi masih rendahnya kemampuan menyimak wacana eksposisi di kelas VIII SMP Negeri 1 Majasari. Salah satu keadaan yang dibutuhkan siswa untuk mengoptimalkan kemampuan menyimak wacana eksposisi adalah media pembelajaran yang menarik, sehingga perlu diterapkan alternatif pembelajaran yang dijadikan solusi permasalahan tersebut. Salah satu media pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar menyenangkan, sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan menyimak wacana eksposisi siswa adalah dengan menggunakan media audio video. Media audio video adalah media pembelajaran yang berupa video yang berisi berita. Media audio video juga merupakan media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan dengan mengamati isi dari audio video yang berupa berita, dan kemudian siswa diminta untuk mengisi butir-butir soal yang telah disediakan dan sesuai dengan isi berita. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa dan sikap positif merupakan asset penting untuk belajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan siswa dalam menyimak wacana eksposisi sebelum menggunakan media audio video (2) kemampuan siswa dalam menyimak wacana eksposisi sesudah menggunakan media audio video (3) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam menyimak wacana eksposisi dengan media audio video dan kemampuan siswa dalam menyimak wacana eksposisi tanpa menggunakan media audio video (4) aktivitas guru dalam proses belajar mengajar mengenai materi kemampuan menyimak wacana eksposisi dengan menggunakan media audio video (5) respon siswa terhadap penggunaan media audio video padapembelajaran menyimak wacana eksposisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Majasari, sampel diambil secara acak atau teknik random dan didapat kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) terdapat kemampuan menyimak wacana eksposisi siswa sebelum menggunakan media audio video (2) terdapat kemampuan menyimak wacana ekposisi siswa sesudah menggunakan media audio video (3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan menyimak wacana eksposisi siswa sebelum menggunakan media audio video dengan kemampuan menyimak wacana eksposisi siswa sesudah menggunakan media audio video (4) menunjukkan aktivitas belajar mengajar yang sangat baik dalam memberikan materi menyimak wacana eksposisi dengan menggunakan media audio video (5) menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran menyimak wacana eksposisi siswa dengan menggunakan media audio video

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorTustiantina, Diana198212052006042002
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 10:19
Last Modified: 30 Mar 2022 10:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item